Berita

KUA Bintan Timur Kolaborasi Selenggarakan Bimbingan Perkawinan

Rabu, 1 November 2023 15:42 WIB
  • Share this on:

KUA Bintan Timur Kolaborasi Selenggarakan Bimbingan Perkawinan

Kemenag Bintan (Humas)--- Bimbingan perkawinan yang dilakukan di KUA kecamatan Bintan Timur kepada para calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan sudah terlaksana dengan baik. Kepala KUA Bintan Timur, H. Zulfahri mengapresiasi kinerja jajarannya itu.

Dia menjelaskan kinerja jajarannya patut diberikan apresiasi yang tinggi mengingat Kecamatan Bintan Timur merupakan wilayah terbanyak terjadinya peristiwa nikah di Kabupaten Bintan. Sementara itu jumlah pegawai KUA Bintan Timur bisa dibilang masih kurang.

Untuk memberikan bimbingan perkawinan kepada calon pengantin, Zulfahri menjelaskan pihaknya melakukan kolaborasi apik dengan jajarannya itu untuk menggelar pembimbingan. Dia tak segan membagikan resepnya dengan memberdayakan para penyuluh agama yang dimilikinya dengan maksimal.

“Alhamdulillah para penyuluh agama seperti Ustadz Qodir dan Ustadz Zuhdi selalu aktif memback up pelaksanaan bimbingan perkawinan ini. KUA Kecamatan Bintan Timur memberikan bimbingan kesehatan kepada para catin hasil kerja sama 2 Puskesmas di Bintan Timur yaitu PKM Kijang dan PKM Sei Lekop,” ujar Zulfahri.

Lebih lanjut Zulfahri menyampaikan catin akan dibimbing penyuluh untuk mengucapkan istighfar dan dua kalimat syahadat. Dia menemui masih ada remaja yang masih kurang pas dalam pengucapannya. Pengucapan juga dilakukan terhadap wali nikah dan catin pria diajarkan gladi proses akad nikah dengan harapan ketika akad nikah dapat berjalan lancar.

“Terakhir nasehat - nasehat pernikahan dan praktek thaharah yaitu mandi wajib. Sehingga pembimbingannya cukup lengkap,” tutup Zulfahri.

Ustad Qodir yang merupakan penanggung jawab pelaksanaan bimbingan setiap hari Selasa menyampaikan bahwa untuk hari itu ada 8 pasang catin yang ikut.

“Biasanya para catin mengikuti pembimbingan karena sepekan lagi akan melangsungkan pernikahan. Kita teliti kembali berkas Adminduk catin dan perwalian agar tidak ada kesalahan,” ujar Qodir.

Kontri Qodir Harahap

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Qodir Harahap

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik