Berita

Via Zoom, Dartoyo Sampaikan Cara Mengisi SKMT Kepada Guru Binaan

Rabu, 21 Agustus 2024 10:13 WIB
  • Share this on:

Via Zoom, Dartoyo Sampaikan Cara Mengisi SKMT Kepada Guru Binaan

Kemenag Bintan (Humas) – Pengawas Sekolah Kantor Kemenag Bintan, Dartoyo memberikan bimbingan kepada guru binaan cara mengisi nilai pada SKMT. SKMT adalah Surat Keterangan Melaksanakan Tugas sedangkan SKBK adalah Surat Keterangan Beban Kerja. Keduanya menjadi sebuah fitur andalan di Siaga yang akan mengalkulasi beban kerja seorang guru secara online, realtime, dan otomatis dengan berbasis data jadwal mengajar guru yang diisikan di Siaga.

Meskipun disampaikan secara daring via zoom meeting namun guru-guru binaannya serius mengikuti kegiatan. Kali ini bimbingan mengisi SKMT disampaikan Dartoyo kepada guru-guru PAI yang sudah lulus sertifikasi. Kegiatan dilaksanakan Selasa, 20 Agustus 2024.

“Pertemuan perlu digelar untuk mengingatkan kembali cara memberikan penilaian kinerja guru PAI di SKMT,” kata Dartoyo.

Dartoyo menjelaskan banyak korelasi yang terhubung dengan SKMT bagi guru PAI, mulai proses pembelajaran guru agama Islam, bimbingan dan tugas-tugas tertentu yang bermuara pada Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama Islam atau yang dikenal dengan Aplikasi Siaga.

“Kita maklumi hal itu sebagai konsekuensi bagi guru PAI sebagai penerima tunjangan sertifikasi yang terus bertambah. Kemudian agar tidak terjadi perbedaan cara dalam memberikan nilai pada kolom yang tersedia, baik pada kolom A maupun kolom B.

Apa itu Kolom A dan B? Kolom A diperuntukan bagi pelaksanaan proses pembelajaran dan seterusnya. Sedangkan Kolom B diperuntukkan bagi pelaksanaan program bimbingan. Kedua kolom diisi sama nilainya. Nilai diberikan oleh Kepala Sekolah dengan menyesuaikan nilai pada SKP atau PKG Guru.

Dartoyo juga mengingatkan bahwa pemberian nilai mengacu pada Permendikbudristek No. 25 2024, Perubahan atas Permendikbudriset No. 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Selain itu mengacu pula pada tupoksi guru termasuk bimbingan kegiatan Rohis maupun wali kelas yang dilengkapi dengan lima kompetensi guru PAI.

“Saya ingatkan bagi para guru bila mengunggah berkas SK, KGB, dan berkas lainnya agar jelas  dibaca atau tidak kabur,” imbuhnya.

Pertemuan diakhiri dengan ucapan terimakasih pada guru PAI yang telah mendidik dan membimbing siswa untuk menjadi generasi Islam masa depan yang cemerlang.

Dartoyo.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik