Berita

Ustaz Rio Putra Berikan Tausiyah Ramadhan di Masjid At Taubah Rutan Tanjungpinang

Senin, 18 Maret 2024 05:19 WIB
  • Share this on:

Ustaz Rio Putra Berikan Tausiyah Ramadhan di Masjid At Taubah Rutan Tanjungpinang

Kemenag Bintan (Humas) – Ustaz Rio Putra berikan tausiyah Ramadan di Masjid At Taubah Rutan Tanjungpinang, Minggu (17/3/2024). Dia mengetengahkan keutamaan membaca Alquran.

Dalam uraiannya dia menyebutkan keutamaan orang membaca Al Qur'an ada 5 macam:

Pertama, Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dalam kehidupannya sehari hari. Artinya Al Qur'an menerangan hati yang sedang gelisah/risau maka kita baca Qur'an insya Allah hati kita akan tenang dan sejuk. Sebab Qur'an ini Kalamullah yang sangat mulia dan suci dan membersihkan dari hati yang kotor dari sifat sifat tercela dan dari penyakit hati.

Kedua, Al Qur'an sebagai penjelas mana yang baik dan mana yang buruk di dalam kehidupan ini artinya Qur'an sebagai filter dan mana orang yang tidak paham tentang hukum hukum Islam dan masalah ibadah dan mua'malah, maka Allah menjelaskan kepada kita agar mengerti syariat Islam secara menyeluruh melalui ilmu di dalam Al-Qur'an.

Ketiga, Al Qur'an sebagai pembeda mana yang haq mana yang bathil. Kita menjalani apa yang disebutkan dalam Al-Qur’an sesuai sunnah dalam kehidupan ini untuk membedakan mana yang haq dan bathil.  

Keempat, Al Qur'an sebagai pengingat atau mengingat kebesaran dan kemuliaan Allah SWT. Kalau tidak ada Al Qur'an kita tidak mengerti cara mengingat Allah dan Rasulullah sebab Qur'an Kalamullah dan mukjizatnya nabi Muhammad SAW.

Kelima, Al Qur'an sebagai obat penyembuh dan memberi kesehatan bagi umat Islam. Jika kita membaca Al-Qur'an maka disamping dapat pahala tentu obat hati dan memyembuhkan penyakit lahir dan batin bagi manusia dengan izin Allah SWT.

Hadis Rasulullah:

“Artinya sebaik baik nya kamu adalah mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkan sama orang lain”.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Rio Sikumbang
Penulis:
Rio Sikumbang

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik