Berita

Ustaz Nova Alwan Jelaskan Perkara Perusak Ibadah Puasa

Kamis, 14 Maret 2024 11:53 WIB
  • Share this on:

Ustaz Nova Alwan Jelaskan Perkara Perusak Ibadah Puasa

Kemenag Bintan (Humas) – Dalam Islam terdapat beberapa hal yang dapat membatalkan ibadah puasa sebagaimana diketahui oleh banyak orang. Namun ternyata ada perkara yang membuat pahala ibadah puasa menjadi berkurang bahkan rusak Apabila kita melakukannya.

Hal itu dijelaskan oleh Ustaz Nova Alwan saat memberikan tausiyah Ramadhan malam ketiga, Rabu (13/3/2024) malam di Masjid At Taubah, Mantrust.

Menurutnya menjaga hubungan baik kepada Allah merupakan hal yang utama. Namun menjaga hubungan baik dengan sesame manusia juga sangat penting. Berikut adalah beberapa perkara yang bisa merusak pahala puasa.

Pertama, berkata kotor kepada sesame manusia. Sesuai hadist Rasulullah jika ada orang yang mengajak kita bertengkar saat berpuasa, maka kita dianjurkan untuk menghindari perseteruan dan mengatakan bahwa aku sedang berpuasa.

Kedua, ghibah, juga dapat merusak pahala puasa. Ghibah baik dilakukan secara offline maupun online dapat merusak pahala ibadah puasa.

Ketiga, berbohong juga merusak pahala puasa. “Berbohong itu kepalanya dosa karena akan ditutupi dengan kebohongan lainnya,” ujarnya.

“Betapa banyak manusia yang berpuasa tetapi hanya mendapatkan lapar dan dahaga semata tanpa pahala. Bukan yang penting puasa tetapi puasa itu penting,” pesannya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik