Berita

Ustaz Farhan Almujahid Berikan Pelajaran Kedudukan Syahadatain Dalam Islam

Sabtu, 24 Pebruari 2024 15:59 WIB
  • Share this on:

Ustaz Farhan Almujahid Berikan Pelajaran Kedudukan Syahadatain Dalam Islam

Kemenag Bintan (Humas) – Penyuluh Agama Islam Kecamatan Teluk Bintan, Farhan Almujahid memiliki program reguler berupa pembinaan terhadap TPQ Nabatul Bintan. Kegiatan digelarnya setiap Kamis. TPQ Nabatul Bintan terletak di Desa Bintan Buyu.

Santri yang dididiknya berjumlah 48 anak tersebut berasal dari kampung tempatan. Kegiatan pembelajaran setiap Kamis dimulai pukul 14.00 - 16.30 wib.  Di awali salat Zuhur berjamaah di teruskan hafalan doa-doa harian dan surat-surat pendek dan yang dilanjutkan dengan tausiyah.

Pada Kamis kemarin, 22 Februari 2024, Farhan memberikan pelajaran penting kepada santri TPQ tentang kedudukan syahadatain. Syahadatain adalah dua kalimat yang merupakan rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Syahadatain berisi pengakuan tentang keesaan Allah dan keutusan Muhammad sebagai rasul-Nya. Syahadatain juga merupakan simbol keimanan dan kesetiaan kepada Allah dan Rasul-Nya.

Syahadatain terdiri dari dua bagian, yaitu:

Pertama, Laa ilaaha illallah, yang artinya tidak ada sesembahan yang hak selain Allah. Kalimat ini menegaskan bahwa hanya Allah yang berhak disembah dan menerima ibadah dari manusia. Kalimat ini juga menolak segala bentuk syirik, yaitu menyembah selain Allah atau mengaku sebagai tuhan.

Kedua, Anna Muhammadan Rasulullah, yang artinya aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Kalimat ini mengakui bahwa Muhammad adalah hamba Allah yang diutus kepada seluruh umat manusia untuk membawa risalah Islam. Kalimat ini juga mengajarkan untuk mentaati perintah, membenarkan ucapan, menjauhi larangan, dan tidak menyembah selain dengan apa yang disyariatkan.

Syahadatain harus dibaca dengan lisan dan hati dengan penuh khusyuk, ikhlas, dan tulus. Syahadatain harus dibaca dengan benar dan lengkap tanpa ada kesalahan atau kekurangan.

Makna syahadatain harus diamalkan setiap muslim. Tidak hanya diucapkan saja, namun juga diyakini. Syahadat merupakan salah satu rukun Islam yang perlu dipenuhi oleh setiap umat muslim. Bahkan syahadat adalah rukun Islam yang pertama sehingga memiliki hukum wajib untuk dilaksanakan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Miluk Latifah
Penulis:
Miluk Latifah

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik