Berita

Ustaz Dartoyo Sampaikan Khutbah Pesan Kemerdekaan di SMKN 1 Bintan

Minggu, 18 Agustus 2024 11:48 WIB
  • Share this on:

Ustaz Dartoyo Sampaikan Khutbah Pesan Kemerdekaan di SMKN 1 Bintan

Kemenag Bintan (Humas) - Momen HUT ke 79 RI dimanfaatkan oleh Dartoyo, Pengawas PAI Kemenag Kabupaten Bintan, di hadapan para civitas akademika SMKN 1 Bintan +-500 orang saat menjadi khotib salat Jum'at, 16 Agustus 2024.

Ungkapan rasa syukur yang sangat mendalam atas nikmat kemerdekaan yang Allah berikan kepada bangsa Indonesia tampak jelas dalam alinea ketiga Pembukaan UUD 1945, sekaligus menunjukkan adanya perjuangan besar umat Islam untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Dartoyo mengatakan surat An Nahl ayat 18 yang memiliki makna “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah niscaya kamu tidak akan sanggup untuk menghitungnya”.

Selanjutnya Dartoyo memberikan pesan kepada para pelajar agar mengisi kemerdekaan ini dengan mengambil nilai-nilai kebaikan di dalamnya.

Pertama, sikap teguh pendirian. Sebagai siswa jangan mudah terpengaruh atau goyah dengan sesuatu yang datang dari luar, sebab kita memiliki dasar agama Islam dan budaya bangsa yang jelas. Dengan ini maka aqidah Islam dan nilai budaya harus dipegang erat-erat agar tidak terombang ambing dengan arus yang datang dari Barat.

Kedua semangat berjuang dan rela berkorban. Tidak ada perjuangan kecuali dengan pengorbanan. Para pahlawan telah mengajarkan itu kepada kita semua. Mereka adalah orang-orang saleh, orang hebat yang telah berjuang dengan jiwa raga dan hartanya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu sebagai pelajar harus juga semangat dan rela berkorban untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Sukses dunia akhirat.

Ketiga, sabar. Perjuangan panjang para pahlawan dan pendiri  bangsa sangat luar biasa. Mereka memiliki kesabaran yang tidak ada batasnya. Oleh karenanya para pelajar juga harus bersabar dalam menuntut ilmu dan menggapai cita-cita.

"Hai orang-orang yang beriman bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu". QS. AIi Imron ayat 200. Demikianlah diakhir khutbahnya Dartoyo mengutip QS. Ali Imran ayat 200. Kemuadian ditutup dengan do'a pada penghujung khutbah keduanya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik