Berita

Ustadz Rio Jadi Narasumber Talkshow Bertajuk Dengan Orangtua Hendaklah Hormat Supaya Badan Dapat Selamat

Sabtu, 24 Agustus 2024 21:28 WIB
  • Share this on:

Ustadz Rio Jadi Narasumber Talkshow Bertajuk Dengan Orangtua Hendaklah Hormat Supaya Badan Dapat Selamat

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Toapaya, Rio Putra menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan talkshow yang bertajuk Dengan Hendaklah Hormat Supaya Badan Dapat Selamat di RRI Tanjungpinang. Kegiatan digelar Jumat, 23 Agustus 2024 dengan sejumlah narasumber lain, diantaranya Ustadz Satrio, dan Ustadz Indra Imran.

Rio mengatakan kita menyadari bahwa orang tua kita adalah segalanya bagi kita. Artinya tidak senilai dengan apapun yang kita miliki hari ini. Sebab orang tua itu adalah orang yang melahirkan kita di atas dunia ini. Dari dalam kandungan sampai dilahirkan sampai kita anak dari orang tua dan sampai pula kita menjadi orang tua dari anak-anak kita sendiri.

“Ridho Allah terletak pada ridho orang tua. Maka kita senangkan, bahagiakan dan merawatnya ketika dia butuh kita di saat-saat umurnya sudah tua dan lemah,” ujarnya.

Rasulullah Saw bersabda ada tiga faktor untuk mendekatkan diri kepada Allah. Salah satunya adalah berbakti kepada kedua orang tua dan berbuat berbaik, mendoakan dan menyenangkan serta membahagiakan mereka baik secara materil atau moril seperti pakaian, makan dan sandang serta pangan secara ikhlas kepadanya.

‘Insya Allah, Allah akan meridhoi kita. Jika orang tua sudah ridho maka kita akan selamat di dunia apalagi di akhirat kelak nanti,” imbuhnya.

Dia menambahkan betapa banyak zaman sekarang anak yang menyakiti dan tersakiti hati orang tuanya akibat perangi akhlak yang tidak baik seperti berkata kasar, kotor dan nada yang tinggi ataupun menghardik orangtuanya.

“Maka mereka ini tidak akan selamat dunia sampai akhirat setinggi apapun pangkat dan sebanyak apapun harta dan semegah apapun rumah kalau hati orang tua kita disakiti atau kita lukai maka tidak akan berkah semua itu,” ujarnya lagi.

“Maka akhirnya marilah kita berbakti kepada orang tua sebab doa akan dikabulkan Allah Swt adalah doa anak yang saleh dan berbakti kepadanya. Sebab akan terhalang doa dan ibadah kita sebelum minta maaf kepada keduanya,” ucapnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Rio Sikumbang
Penulis:
Rio Sikumbang

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik