Berita

Ustadz Qodir Bantu Klarifikasi Berita Hoaks Yang Beredar di WAG

Minggu, 5 November 2023 09:32 WIB
  • Share this on:

Ustadz Qodir Bantu Klarifikasi Berita Hoaks Yang Beredar di WAG

Kemenag Bintan (Humas)-- Penyuluh Informasi Publik yang juga PAI Kemenag Bintan, Ustadz Qodir membantu memberikan klarifikasi berita di WAG, McDonald, KFC, Domino's, Fizza Hut dicabut sertifikat halalnya oleh Dewan Yudisial Muslim (MJC) Amerika Serikat.

Hal itu dilakukannya menyikapi beredarnya kembali berita dicabutnya sertifikat halal oleh dewan Yudisial Muslim (MJC) Amerika Serikat untuk produk McDonald, Domino's, KFC dan Fizza Hut di WA grup yang sudah diteruskan berkali-kali hingga sampai di grup WA sehingga perlu mendapat respon dari berbagai kalangan.

Muhammad Hasbi, Kasi Bimas Islam Kemenag Bintan meminta Penyuluh Agama Islam Bintan untuk mengecek langsung apakah berita tersebut hoax atau tidak. Klarifikasi diperlukan untuk menghindari fitnah apabila Informasi itu tidak benar.

Muhammad Abdul Qodir Harahap yang dikenal ustadz Qodir sebagai Penyuluh Informasi Publik Kementerian Kominfo RI, merespon cepat permintaan Kasi Bimas Islam. Dia langsung meneruskan berita tersebut ke Kominfo dan segera mendapat respon cepat.

Qodir yang mendapatkan penjelasan dari Kominfo mengatakan sertifikat halal yang dicabut itu di Amerika Serikat, sedangkan di Indonesia, MUI dan BPJPH Kemenag RI tidak merilis berita pencabutan sertifikat halal untuk di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian berita yang beredar adalah sebuah hoaks belaka. 

Qodir meminta masyarakat untuk melek literasi digital dengan cara melakukan klarifikasi secara langsung kepada Kominfo.

“Biasakan untuk memeriksa berita yang beredar,” pesan Qodir.

Untuk lebih jelasnya silahkan buka link Kominfo yang menyatakan berita tersebut adalah hoax pada https://www.kominfo.go.id/content/detail/49876/hoaks-sertifikasi-halal-mcdonalds-di-seluruh-penjuru-negeri-dicabut-mjc/0/laporan_isu_hoaks

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Qodir Harahap
Penulis:
Qodir Harahap

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik