Berita

Tingkatkan Kualitas Hapalan, Santri Al Ihsan Bintan Maksimalkan Karantina Tahfidz

Sabtu, 24 Pebruari 2024 15:58 WIB
  • Share this on:

Tingkatkan Kualitas Hapalan, Santri Al Ihsan Bintan Maksimalkan Karantina Tahfidz

Kemenag Bintan (Humas) - Santri pondok pesantren Al Ihsan Bintan maksimalkan program karantina tahfizh untuk meningkatkan kualitas hapalan Al-Qur'an. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali di setiap akhir bulan selama tiga hari.

Karantina tahfizh di bulan ini dibuat lebih spesial khususnya santri kelas sepuluh SMA Al Ihsan, karena kegiatannya di akhiri dengan halaqoh qur'aniyah di luar pondok pesantren, yaitu di Areca Water Park. Tempat tersebut sengaja dipilih sebagai sarana refreshing para santri setelah bercapek lelah menghapalkan Al-Qur'an.

Kegiatan di Areca Water Park diawali dengan pengarahan dari kepala SMA Al Ihsan, Melvin Irawansyah, kemudian dilanjutkan dengan halaqoh qur'aniyah, games edukasi dan diakhiri dengan kegiatan berenang.

"Salah satu bentuk kegiatan kita di pondok adalah karantina tahfizh setiap bulannya disamping santri sudah melaksanakan halaqoh qur'an setiap harinya, tapi untuk kali ini kegiatannya sengaja diakhiri dengan halaqoh di luar pesantren untuk memberikan kesempatan para santri untuk refreshing sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,” ujar Melvin.

Halaqoh Qur'aniyah ini bertepatan dengan kegiatan nisfu Sya'ban yang dijadikan sebagai waktunya memperbanyak amalan untuk mempersiapkan diri memasuki bulan Ramadhan. Halaqoh Qur'aniyah ini merupakan metode dalam mempelajari Al-qur'an, dari segi pendekatan di dalamnya berisi tuntunan memperdengarkan bacaan dan pengarahan.

"Harapannya kegiatan ini bisa membuat para santri semakin cinta dengan Al-Qur'an dan menjadikannya sebagai akhlaq keseharian,” tambahnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Melvin
Penulis:
Melvin

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik