Berita

Tim Itjen Gelar Evaluasi AKMI di MIS Baitul Izzah di Bintan Utara

Rabu, 29 November 2023 15:33 WIB
  • Share this on:

Tim Itjen Gelar Evaluasi AKMI di MIS Baitul Izzah di Bintan Utara

Kemenag Bintan (Humas) – Tim Itjen Kemenag RI gelar evaluasi AKMI di MIS Baitul Izzah Bintan Utara, Senin, 27 Nopember 2023. Tim yang dipimpin oleh Akhmad Hariyanto sebagai pengendali teknis itu melakukan wawancara kepada Kepala madrasah dan sejumlah guru yang telah mengikuti bimbingan teknis AKMI sebelumnya.

Program AKMI di MIS Baitul Izzah Bintan Utara diejawantahkan dengan melakukan sejumlah terobosan, antara lain fasilitasi siswa untuk meningkatkan literasinya dengan menyediakan pojok baca di kelas, memberikan waktu yang lebih lama bagi siswa untuk membaca di perpustakaan, dan lain sebagainya.

Guru peserta bimtek AKMI di MIS Baitul Izzah sudah pun membuat rencana tindak lanjut dari hasil-hasil bimtek tersebut. Namun kendala yang dihadapi antara lain karena bimtek yang digelar dilaksanakan pada jam pelajaran madrasah sehingga guru dalam mengikuti kegiatan tersebut belum begitu optimal.

Pengendali Teknis, Akhmad Hariyanto mengatakan dalam rangka mengetahui keberhasilan, perkembangan, kemajuan dan permasalahan terkait Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia perlu dilakukan evaluasi yang menyeluruh. Kedatangan tim evaluasi adalah untuk melaksanakan evaluasi AKMI di lingkungan Kantor Kemenag Bintan.

“Tujuan dari evaluasi ini agar bisa dilakukan analisa, yaitu mengidentifikasi data dan informasi pelaksana AKMI, melakukan evaluasi terhadap efektivitas program AKMI dalam peningkatan mutu pendidikan bagi peserta didik, dan mengidentifikasi permasalahan yang dapat menghambat efektivitas program AKMI.

"Kami ingin mengetahui sejauh mana guru, kepala madrasah dan siswa mengakselerasi program AKMI sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing", katanya.

Dia menjelaskan AKMI adalah bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya.

Hasil-hasil evaluasi itu, kata Hariyanto disampaikan kepada Menteri Agama secara berkala. Timnya bertanggung jawab terhadap evaluasi AKMI di 72 titik lokasi se Indonesia termasuk dua diantaranya di Bintan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Ulfa Refita
Penulis:
Ulfa Refita

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik