Berita

Tim Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri Sosialisasikan Simkah Gen 4 di Bintan

Senin, 22 Januari 2024 15:31 WIB
  • Share this on:

Tim Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri Sosialisasikan Simkah Gen 4 di Bintan

Kemenag Bintan (Humas)—Tim Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri melakukan sosialisasi penggunaan Simkah Gen 4 kepada Kepala KUA se Bintan. Kegiatan dilaksanakan belum lama ini di aula mini Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk. Hadir dalam kesempatan tersebut dua perencana Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, Hairul dan Sadam Husen.

Sistem Informasi Manajemen Nikah atau biasa disingkat Simkah merupakan aplikasi andalan Kementerian Agama dalam melayani urusan pernikahan berbasis teknologi. Dewasa ini, Simkah mengalami pengembangan baru yang disebut Simkah Generasi (Gen) 4.

Guna mempercepat penguasaan aplikasi baru ini, Kanwil Kemenag Kepri melalui Bidang Bimas Islam menggelar bimbingan teknis (bimtek) Simkah Gen. 4. Hairul yang merupakan perencana muda pada Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri menyebutkan bahwa bimtek dilaksanakan agar KUA dapat menjaga performa dalam pelayanan umat berbasis teknologi.

"Pada zaman sekarang, transformasi digital adalah keharusan. Jadi, ketika ada kebijakan tentang penggunaan aplikasi baru, kita jaga performa dalam hal pelayanan umat berbasis teknologi. Dan karena ini aplikasi baru, kita jemput bola tentang cara penguasaannya," ucapnya.

Dia mengatakan Simkah Gen. 4 merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya. "Simkah Gen 4 ini merupakan ikhtiar bersama untuk menyempurnakan Simkah generasi sebelumnya. Adapun secara teknis, berhubung ini aplikasi baru, tentu diperlukan adaptasi. Melalui bimtek hari ini, kita bedah sama-sama apa saja yang ada dalam Simkah yang baru," ucapnya.

Bimtek dilaksanakan dalam kurun waktu setengah hari. Pada momen ini, para operator berkesempatan untuk mengoperasikan Simkah Gen 4 seraya dibimbing oleh sang narasumber.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik