Berita

Tiga Siswa Madrasah Asal Bintan Ikuti Ajang KSM Nasional, Berharap Hasil Terbaik

Rabu, 4 September 2024 10:06 WIB
  • Share this on:

Tiga Siswa Madrasah Asal Bintan Ikuti Ajang KSM Nasional, Berharap Hasil Terbaik

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menghadiri pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2024 yang berlangsung di Kota Ternate, Maluku Utara.

Untuk kegiatan pembukaan telah berlangsung pada Selasa, 3 September 2024. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Republik Indonesia, dan dihadiri oleh para peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemenag RI menekankan pentingnya KSM sebagai wadah untuk mengasah kemampuan siswa-siswi madrasah dalam bidang sains, serta memperkuat integrasi antara ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai keagamaan.

Pada ajang KSM Tingkat Nasional Tahun 2024, Kabupaten Bintan mengirimkan tiga siswa madrasah terbaik yang telah sukses menjadi yang terbaik pada ajang KSM di tingkat kabupaten dan tingkat provinsi. Ketiga siswa madrasah tersebut, antara lain sebagai berikut.

Pertama, Nadya Hana Salsabilla, siswi MAS Madani Bintan mengikuti KSM mata pelajaran kimia. Nadya Hana Salsabilla lahir di Daik, Lingga 22 Juni 2007 dan tengah menimba ilmu di MAS Madani Bintan, Toapaya, Bintan. 

Kedua, Tivani Cahaya Lutfa, siswi MTs Negeri Bintan mengikuti KSM mata pelajaran matematika. Tivani Cahaya Lutfa lahir di Tanjungpinang, 24 Desember 2009 dan tengah menimba ilmu di MTs Negeri Bintan, Kijang, Bintan Timur.

Ketiga, Fakhri Hibatullah, siswa MIN 2 Bintan mengikuti KSM mata pelajaran matematika. Fakhri Hibatullah lahir di Tanjung Uban, 12 Desember 2012 dan tengah menimba ilmu di MIN 2 Bintan di Pulau Pangkil, Bintan.

Kakan Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengungkapkan rasa bangganya atas keikutsertaan para siswa dari Kabupaten Bintan dalam ajang bergengsi ini. Dia berharap partisipasi mereka dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada generasi muda lainnya untuk terus berprestasi di bidang akademik.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diikuti 880 peserta dari 34 provinsi baik kategori individu maupun kategori beregu. Ajang kompetisi bagi siswa madrasah tingkat nasional ini digelar di Ternate, Maluku Utara, 2 - 7 September 2024. Open Ceremony pembukaan bertempat di lapangan Ngara Lamo Ternate. Babak Final dan Grand Final KSM 2024, seluruhnya berpusat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Muchammad Sidik Sisdiyanto mengatakan, sasaran kegiatan KSM 2024 adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD)/Sedarat, Madrasah Tsanawiyah (MTs)/ Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Sederajat, dan Madrasah Aliyah (MA)/ Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Sederajat.

Hatiman.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik