Berita

Terpilih Pengurus Baru Surau as-Syakur, Kepala KUA Bintan Pesisir Ingatkan Tentang Hak Surau Agar Dimakmurkan

Senin, 8 Juli 2024 14:19 WIB
  • Share this on:

Terpilih Pengurus Baru Surau as-Syakur, Kepala KUA Bintan Pesisir Ingatkan Tentang Hak Surau Agar Dimakmurkan

Kemenag Bintan (Humas) - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan bukan hanya mencatat peristiwa nikah saja, berdasarkan PMA 34 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama terdapat 10 tugas pokok dan fungsi KUA Kecamatan diantaranya adalah Pembinaan Kemasjidan dan Pelayanan Bimbingan dan Penerangan Agama Islam.

Dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Pembinaan Kemasjidan, Kepala KUA Kecamatan Bintan Pesisir melakukan pembinaan manajeman kemasjidan dengan melaksanakan peremajaan dan pembentukan pengurus atau Takmir Masjid dan Surau yang telah habis masa tugasnya. Salah satu nya adalah kepengurusan Surau as-Syakur yang terletak di RT. 001/RW. 001 Desa Kelong, Senin, (08/07/2024) mengadakan rapat pemilihan kepengurusan yang baru periode 2024-2027.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Kelong, Ketua MUI Bintan Pesisir, Ketua PHBI Bintan Pesisir, Ketua RT. 001 dan Ketua RW. 001, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta jamaah surau as-Syakur. Rapat digelar di ruang utama surau as-Syakur dipimpin Kepala KUA Bintan Pesisir H. Ramli Hamid, yang memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pengurus lama atas pengabdian dan juga berharap agar kepengurusan yang baru bisa lebih baik lagi. Terpilih sebagai Ketua Surau Tarsono, Wakil Ketua Sarah, Sekretaris Sudirman dan Bendahara Suwito. 

“Masjid dan Surau yang telah dibangun adalah tanggungjawab bersama untuk memakmurkannya. Masjid dan surau punya untuk dimakmurkan dan tugas kita adalah memakmurkannya, bukan hanya tugas pengurus saja tidak hanya membangun sarana fisik saja. Pada dasarnya kitalah yang butuh terhadap surau bukan surau yang butuh kita. Setiap masijd dan surau hendaknya melakukan pembinaan terhadap jamaah dan masyarakat yang ada di sekitarnya selain menyelenggarakan salat lima waktu dan perayaan hari-hari besar Islam.”, jelas Ramli.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Ramli Hamid
Penulis:
Ramli Hamid

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik