Berita

Tausiyah ‘Ngopi’, Zainal Arifin Ajak Luruskan Niat Dalam Mengabdi

Jumat, 31 Mei 2024 15:36 WIB
  • Share this on:

Tausiyah ‘Ngopi’, Zainal Arifin Ajak Luruskan Niat Dalam Mengabdi

Kemenag Bintan (Humas) – Zainal Arifin, Penyuluh PPPK Kantor Kemenag Bintan memberikan tausiyah pada kegiatan yang bertajuk Ngobrol Perkara Iman (Ngopi) di aula Kantor Kemenag Bintan, Jumat, 31 Mei 2024. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan, para pejabat pengawas, pengawas madrasah, dan seluruh ASN.

Mengawali tausiyahnya, Zainal Arifin mengatakan setiap insan di dunia wajib memperbanyak rasa syukur atas nikmat Allah Swt yang telah diberikan. Sebagai umat Islam yang selalu bersyukur atas nikmat Allah yang diberikan akan selalu berusaha menjadi orang yang senantiasa berbuat baik atau bermanfaat bagi sesama dan lingkungan. Kebaikan atau manfaat tersebut pada hakikatnya akan kembali kepada kita seperti yang disampaikan di dalam Al-Qur'an surah Al-Isra ayat 7 _"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri”.

Disebutkan juga dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Iman Ahmad bahwasanya Rasulullah SAW bersabda; “Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia” (HR. Ahmad).

Adapun kalau kita ingin bermanfaat, maka kita harus "memiliki sesuatu" yang bermanfaat dan "memberikan sesuatu" kepada orang lain. Tidaklah berguna memilikinya saja jika tidak memberikan manfaat kepada orang lain.

Dalam kehidupan terutama dalam mengabdi kepada negara perlu menata niat untuk melaksanakan rangakaian kinerja dalam rangka beribadah dan mencari ridho Allah Swt.

“Meskipun yang kita kerjakan berdimensi dunia, asalkan kebaikan yang kita lakukan niatkanlah untuk beribadah kepada Allah sehingga bernilai pahala,” kata Zainal.

Zainal mengatakan untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama manusia, tentu akan banyak mengalami tantangan yang tidak ringan. Karena jika kita ingin bermanfaat bagi orang lain maka sudah pasti akan bersinggungan dengan masyarakat.

“Tidak cukup hanya menjadi pribadi yang saleh secara personal, tetapi memiliki kesalehan sosial dan menghadirkan kemaslahatan bagi sesama manusia,” katanya.  

“Berbuatlah sebaik-baiknya agar bernilai manfaat bagi sesama,” imbuhnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik