Berita

Tausiyah Maulid, Penyuluh Agama Rio Putra Uraikan Tujuh Perilaku Rasullah Untuk Ditiru

Sabtu, 21 September 2024 15:48 WIB
  • Share this on:

Tausiyah Maulid, Penyuluh Agama Rio Putra Uraikan Tujuh Perilaku Rasullah Untuk Ditiru

Kemenag Bintan (Humas) – Penyuluh Agama Islam Kantor Kemenag Bintan, Rio Putra memberikan tausiyah Maulid Nabi Muhammad Saw 1446 H di SDN 006 Kota Tanjungpinang, Madung Senggarang, Jumat, 20 September 2024 pagi.

Thema peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini adalah “Menjadikan Rasulullah suri tauladan akhlak yang mulia bagi umat”.

Ada sejumlah perilaku Rasulullah Saw yang dapat dijadikan suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertama, Rasulullah selalu berkata jujur sebagaimana terkandung dalam sifatnya siddiq yang maknya benar. Maka kita sebagai umat Rasulullah perlu mencontoh nabi yang selalu berkata jujur dan benar. Nabi tidak pernah berbohong atau berdusta sehingga Nabi mendapat gelar sejak remaja dengan al Amin yang artinya orang yang dapat dipercaya.

Kedua, Rasulullah bergaul dalam kehidupan dengan sikap sangat baik dan ramah. Sesama manusia seperti keluarganya, sahabatnya dan orang kafir Quraisy pun bergaul dan bersosial dengan nabi Muhammad SAW sehingga Nabi menjadi orang yang disegani di jazirah Arab.

Ketiga, dalam beribadah, Rasulullah patut kita contoh, sebagaimana dalam hadisnya yang artinya: "Salat lah kamu seperti aku salat".

Keempat, Rasulullah menjadi pemimpin patut kita contoh, bukan saja memimpin keluarga dan anak serta istri-istrinya tetapi juga dalam memimpin bangsa Arab. Bahkan dunia sekalipun dan panglima di medan perang sangat disegani.  

Kelima, Nabi Muhammad adalah orang sabar, ulet dan tangguh sehingga patut kita contoh kesabarannya bagi kita umat seluruhnya.  

Keenam, sebagaimana dalam sabdanya, yang maknanya sesungguhnya Kami utus nabi Muhammad itu untuk memperbaiki akhlak manusia.

Ketujuh, Nabi orang yang sangat dermawan kepada semua umat.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Rio Sikumbang
Penulis:
Rio Sikumbang

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik