Berita

Tasyakuran Sukses Haji, KH. Rostam Berikan Tips Ungkapkan Rasa Syukur

Minggu, 4 Agustus 2024 16:08 WIB
  • Share this on:

Tasyakuran Sukses Haji, KH. Rostam Berikan Tips Ungkapkan Rasa Syukur

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menggelar tasyakuran untuk suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/ 2024. Kegiatan digelar di aula Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk, Ahad, 4 Agustus 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut mewakili Bupati Bintan, Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Khairul, Kakan Kemenag Bintan, Kabag Kesra Bintan, Camat Bintan Utara, Camat Toapaya, Kapolsek Gunung Kijang, Ketua LAM Bintan, Ketua IPHI Bintan, Ketua FKUB Kabupaten Bintan, para pejabat pengawas, undangan, karu, karom, dan jemaah haji 1445 H asal Bintan.

Dalam tausiyahnya, KH. Rostam Effendi menjelaskan bersyukur itu adalah kewajiban. Bersyukur setelah ibadah haji adalah kebaikan yang dilakukan dengan hati bahwa anugerah ini datang dari Allah. Karena nikmat Allah bukan karena kekuatan manusia semata.

Kasi PDPP Kemenag Bintan itu menjelaskan cara kita bersyukur meliputi banyak aspek secara menyeluruh. Diawali dengan bersyukur secara lisan. Caranya dengan mengatakan yang baik-baik seperti memuji Allah, mengagungkan Allah dengan mengucapkan kalimat alhamdulillahi rabbil alamiin.

Kemudian bersyukur diejawantahkan dengan anggota tubuh untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Bersyukur dengan mempertahankan kebaikan-kebaikan selama melaksanakan ibadah haji.

Dan bersyukur juga dilaksanakan dengan menjaga nikmat yang telah diberikan Allah Swt. Dia menjelaskan seluruh anggota tubuh punya hak untuk digunakan dan punya hak untuk diistirahatkan dalam rangka mengabdi kepada Allah Swt.

Perjalanan ibadah haji, katanya merupakan perjalanan spiritual menapaktilasi perjalanan hidup Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan keluarganya dalam menjaga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt dari godaan setan yang terkutuk.

Hatiman.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik