Berita

Sukses Ikuti Jambu Pasar 2024 di Malang, Desma Yulia Ceritakan Pengalamannya

Rabu, 10 Juli 2024 15:42 WIB
  • Share this on:

Sukses Ikuti Jambu Pasar 2024 di Malang, Desma Yulia Ceritakan Pengalamannya

Kemenag Bintan (Humas) – Desma Yulia, guru sejarah pada MAN Bintan menjadi satu-satunya peserta guru madrasah yang mengikuti kegiatan Jambore Budaya, Pariwisata, Sejarah, Seni, dan Sastra (Jambu Pasar) tahun 2024. Kegiatan Jambu Pasar dilaksanakan 5 – 8 Juli 2024 di Bela Negara, Rampal, Malang, Jawa Timur.

Ditemui media ini, Desma Yulia mengatakan peserta Jambu Pasar 2024 dari Kepulauan Riau sebanyak dua orang. Dia bersama rekannya Lisanias Br Perangin Angin, guru Sejarah SMA Negeri 15 Batam, Kepulauan Riau mengikuti kegiatan tersebut selama empat hari. Jambu Pasar 2024 digelar oleh Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia (AGBSI).

Desma mengisahkan pengalaman untuk mengikuti Jambu Pasar melalui undangan yang diterima pada 27 Juni 2024. Desma memperoleh undangan tersebut dari koleganya, Enny Ihdiyani, Kepala Tata Usaha di MAN Bintan. Ketika Desma membuka link dalam undangan ternyata masa pendaftaran sudah ditutup.

“Saya langsung menghubungi narahubung yang tertera dalam surat undangan apakah masih bisa mendaftar. Karena setiap provinsi di Indonesia wajib mengirimkan utusannya, dan dari Kepulauan Riau belum ada peserta yang mendaftar,” ujar Desma.

Selanjutnya untuk melengkapi syarat pendaftarannya, Desma diwajibkan untuk membuat essay dan video yang berisi kearifan budaya lokal setempat. Ide essay dan video wajib orisinil. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, akhirnya Desma Yulia diterima menjadi peserta dalam kegiatan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan Kepala Kantor Kemenag Bintan dan Kepala MAN Bintan karena sudah memberikan dukungan penuh keikutsertaan saya dalam Jambu Pasar 2024,” ujarnya lagi.

Akhirnya Desma bisa berangkat menuju Bela Negara, Malang, Jawa Timur. Ketika akan memulai kegiatan, kata Desma, seluruh peserta sebanyak 157 peserta dari seluruh Indonesia diminta untuk menulis cerpen. Desma mengangkat eksistensi Joget Dangkong di Pulau Bintan dalam cerpennya.

Desma mengatakan banyak manfaat yang diperoleh dalam kegiatan, antara lain kedisiplinan, dimana seluruh peserta diwajibkan bangun pagi pada pukul 03.00 Wib untuk melaksanakan ibadah, olah raga dan sarapan.

“Banyak ilmu dan pengetahuan baru yang kita peroleh karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti kegiatan,” imbuhnya.

Desma menyebut sejumlah keuntungan mengikuti Jambu Pasar 2024. Dia secara otomatis menjadi anggota Asosiasi Guru Sejarah Indonesia. Banyak ilmu yang diperolehnya terutama bagaimana mengajar sejarah yang baik bagi siswa.

“Dalam kegiatan peserta dilatih bagaimana mengajar sejarah dengan lebih menarik, kita diajarkan bahwa kurikulum merdeka tidak lagi teacher oriented tetapi student oriented dimana guru sekedar fasilitator,” ucapnya.

“Tentu saja kita mendapatkan konektivitas dengan teman-teman dari seluruh Indonesia terutama guru sejarah. Peserta pun tidak hanya guru, tetapi ada kepala sekolah, assessor, dan profesional lainnya yang saling berbagi ilmu,” jelasnya.

Desma berharap para guru di Kepulauan Riau khususnya di Bintan untuk lebih kreatif dan inovatif. Mampu memotivasi diri dan siswa untuk lebih peduli dengan sejarah dan budaya yang ada di lingkungan sekitar kita.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin yang menerima Desma Yulia di ruangannya, Rabu, 10 Juli 2024 mengatakan eksistensi Desma Yulia, guru MAN Bintan yang mewakili Provinsi Kepulauan Riau pada Jambu Pasar 2024 patut untuk diapresiasi setinggi-tingginya.

Hal itu mengingat Desma Yulia menjadi satu-satunya guru MAN dari Kepulauan Riau yang secara aktif mengikuti kegiatan tersebut.

“Kita berharap menjadi pemicu dan pemacu rekan-rekan di MGMP di bidang apapun untuk lebih peduli dengan berbagai informasi yang bermanfaat dari luar sehingga nanti banyak kegiatan di tingkat nasional dan internasional dapat diikuti oleh guru. Tahniah kepada Ibu Desma Yulia yang sukses menjadi perwakilan Kepulauan Riau pada ajang bergengsi tersebut,” pungkas Erman.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik