Berita

Siswa MAN Bintan Raih Tiga Juara Festival Raja Ali Haji 2024

Rabu, 10 Juli 2024 08:54 WIB
  • Share this on:

Siswa MAN Bintan Raih Tiga Juara Festival Raja Ali Haji 2024

Kemenag Bintan (Humas) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bintan turut berpartisipasi dalam memeriahkan Festival Raja Ali Haji Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau mulai tanggal 5 hingga 7 Juli 2024 yang berpusat di Kawasan Balai Adat Pulau Penyengat Tanjungpinang.

Memeriahkan festival tersebut Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri mengadakan lomba Berbalas Pantun dan Gurindam Dua Belas yang diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat se Provinsi Kepulauan Riau.

Encik Rosalina selaku Guru Pembimbing dalam mengikuti lomba tersebut mengirimkan untuk lomba berbalas pantun yaitu kategori putra dan putri, masing-masing tim terdiri dari tiga orang. Sedangkan untuk gurindam dua belas hanya 1 tim kategori putri yang terdiri dari dua orang. 

Untuk jenis lomba yang diikuti, setiap peserta mengirimkan video kepada panitia untuk dinilai oleh dewan juri. Sebanyak empat finalis terbaik dari masing-masing kategori berhak mengikuti lomba secara langsung tanggal 7 Juli 2024 di Pulau Penyengat. Dan tiga tim yang diturunkan MAN Bintan masuk sebagai 4 finalis terbaik dan hasilnya 3 juara berhasil diraih oleh siswa MAN Bintan yakni Juara 1 Lomba Gurindam Dua Belas Kategori Putri, Juara 2 Lomba Berbalas Pantun Putra dan Juara 2 Lomba Berbalas Pantun Putri.

“Keikutsertaan MAN Bintan dalam Festival ini adalah cara untuk melestarikan budaya Melayu khususnya di Kepulauan Riau. Selain itu, ingin memberikan pengalaman kepada peserta didik dalam menumbuhkan keberanian serta kepercyaan diri untuk terlibat dalam berbagai lomba,” terang Cekgu Rosa.

“Terlebih lagi MAN Bintan selalu berhasil meraih juara di ajang lomba berbalas pantun, baik itu tingkat kabupaten maupun provinsi. Hanya saja beberapa peserta sudah menjadi alumni dan tentunya dengan adanya ajang ini, bisa menyiapkan peserta lain untuk terus menyumbang prestasi di bidang yang sama,” tambahnya.

Zulfahmi selaku Kepala MAN Bintan mengucapkan selamat dan bersyukur atas prestasi yang sudah diraih oleh siswa MAN Bintan, serta ucapan terima kasih kepada Encik Rosalina yang telah membimbing siswa sehingga dapat mengikuti festival ini dan menjadi juara.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Damanhuri
Penulis:
Damanhuri

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik