Berita

Seribu Jamaah Padati Salat Idul Adha di Ponpes Darussilmi Bintan

Senin, 24 Juni 2024 15:11 WIB
  • Share this on:

Seribu Jamaah Padati Salat Idul Adha di Ponpes Darussilmi Bintan

Kemenag Bintan (Humas) – Kenangan indah Idul Adha 1445 H masih terasa hingga kini. Pondok Pesantren Darussilmi Bintan melaksanakan salat Idul Adha 1445 H yang jatuh pada, Senin (17/6/2024) di lapangan Pondok Pesantren Darussilmi pekan kemarin. Salat Id ini dihadiri sekitar seribu lebih jamaah yang berasal dari santri, wali santri dan masyarakat sekitar.

Salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 WIB. Sebagai khatib adalah Pimpinan Pondok Pesantren Darussilmi Ustaz Imran Abdurrosyid dan sebagai imam Ustaz Kahfi Suhail, pengajar Darussilmi.

Dalam khotbahnya, Ustaz Imran Abdurrosyid menyampaikan pesan dan pengajaran yang bisa diambil dari Hari Raya Idul Adha dan ibadah qurban. Ada lima pengajaran dari kisah Nabi Ibrahim dan Ismail yaitu pendidikan tauhid, pendidikan ittiba’, pendidikan sosial, pendidikan keteladanan dan pndidikan ketundukan kepada perintah Allah SWT.

Penyelenggaraan Salat Idul Adha ini rutin digelar Ponpes Darussilmi setiap tahunnya. Selain santri, baik laki-laki maupun santri perempuan, Pimpinan Darussilmi juga mengundang para wali santri untuk bisa melaksanakan salat Idul Adha di dalam lingkungan Darussilmi.

Usai salat iodul Adha, diadakan acara penyembelihan hewan qurban dan makan bersama. Panitia menyiapkan makanan untuk jamaah yang hadir. Para wali santri yang datang juga membawa bekal makanan tambahan untuk disantap bersama.

‘’Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan hubungan silaturrahim dan ukhuwah islamiyah antara alumni, wali santri dan santri baru dan masyarakat sekitar. Bila silaturrahim berlangsung baik maka proses pendidikan di Darussilmi akan berjalan dengan baik dan lancar,’’ ujar Ustaz Fadlan, Ketua Panitia Idul Adha Darussilmi.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Darussilmi
Penulis:
Darussilmi

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik