Berita

Seminar Potret Pendidikan Ramah Anak, Riadul Afkar Jabarkan PMA 73 Tahun 2022

Kamis, 25 Juli 2024 13:27 WIB
  • Share this on:

Seminar Potret Pendidikan Ramah Anak, Riadul Afkar Jabarkan PMA 73 Tahun 2022

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Bidang Paksi Kanwil Kemenag Kepri, H. Riadul Afkar menjadi narasumber pertama yang memberikan materi pada kegiatan seminar potret pendidikan ramah anak yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Bintan – FKPP Kabupaten Bintan. Kegiatan dipusatkan di ponpes Idris Bintan sekaligus menjadi lokasi expo pondok pesantren, belum lama ini.

Riadul Afkar mengatakan pesantren berperan strategis dalam pencegahan kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan, karena mayoritas santri berada dalam rentang usia anak-anak. Keterlibatan agama dalam perlindungan anak diakui memiliki dampak yang signifikan dalam kepentingan terbaik anak di Indonesia.

Dia mengatakan implementasi PMA Nomor 73 Tahun 2022 dan moderasi beragama bagi pondok pesantren melibatkan ekosistem pesantren yang meliputi lembaga pesantren, pengasuh, santri, wali santri, tenaga pendidik, alumni dan masyarakat.

Dalam PMA 73 Tahun 2022 tersebut mengatur bahwa Pimpinan Satuan Pendidikan melakukan pendampingan terhadap saksi, korban, dan  anak pelaku kekerasan seksual. Pendampingan sebagaimana dimaksud, meliputi konseling, layanan kesehatan, bantuan hukum dann layanan rehabilitasi.

Dalam prakteknya, Riadul Afkar mengatakan pondok pesantren menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan PMA 73 Tahun 2022 karena beberapa alasan adanya relasi kuasa (kiai-santri/santriwati), berlindung dibalik Berkah, relasi senioritas – yunioritas, dan orang tua menyerahkan sepenuhnya pembinaan anak ke pesantren.

Tetapi setidaknya ada sejumlah prinsip dasar agar lembaga pendidikan pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan yang ramah anak, antara lain tidak ada diskriminasi, berorientasi pada kepentingan terbaik bagi anak, hak perkembangan dan kelangsungan hidup, partisipasi aktif atau mendengarkan suara anak, dan pastinya tidak ada kekerasan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik