Berita

Santriwati Ponpes Darussilmi Bintan Ikuti Penyuluhan Kesehatan Kewanitaan

Minggu, 5 November 2023 09:23 WIB
  • Share this on:

Santriwati Ponpes Darussilmi Bintan Ikuti Penyuluhan Kesehatan Kewanitaan

Kemenag Bintan (Humas)-- Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan santri putri yang memasuki usia remaja, Pondok Pesantren Darussilmi bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan menggelar penyuluhan tentang kesehatan kewanitaan.

Penyuluhan ini digelar di ruang serbaguna Mahad Putri Darussilmi Bintan, Jumat (3/11/2023). Hadir sebagai penyuluh adalah dr Darma Anas dan Reni Amd. Kegiatan ini diikuti seluruh santriwati, guru dan ustadzah Pondok Pesantren Darussilmi.

Dalam paparannya, dr Darma menyampaikan pentingnya santri putri yang beranjak remaja mengetahui tentang kesehatan kewanitaan saat terjadi haid atau menstruasi.

Ia juga meyampaikan pengertian menstruasi, gejala-gejala yang terjadi dan beberapa bentuk gangguan saat menstruasi terjadi, serta bagaimana kebersihannya.

‘’Dari penyuluhan ini diharapkan santri putri memahami apa itu menstruasi, tahu gangguan-gangguan apa aja yangg dialami saat menstruasi,’’ ujar dr Darma.

Dikatakan dr Darma, santri putri juga dapat diharapkan dapat mempraktekkan cara-cara kebersihan saat menstruasi terjadi .

Ustadz Imran Abu Shafwan mengatakan, penyuluhan ini diberikan sesuai kebutuhan santriwati yang harus paham tentang siklus biologis yang dialaminya. Salah satunya soal haid yang rutin terjadi sejak perempuan memasuki usia remaja.

‘’Kalau di rumah bisa diberikan pemahaman oleh orangtua. Karena kita adalah pondok pesantren, maka untuk memberitahukan kepada santri putri kita mengandeng Puskesmas. Bersamaan dengan itu, Puskemas Toapaya juga mempunyai kesehatan repreduksi remaja,’’ ujar Ustadz Imran. 

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Darussilmi
Penulis:
Darussilmi

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik