Berita

Santri Kelas 10 Pesantren Al Ihsan Bintan Praktek Membuat Media Hidroponik

Selasa, 12 Desember 2023 12:48 WIB
  • Share this on:

Santri Kelas 10 Pesantren Al Ihsan Bintan Praktek Membuat Media Hidroponik

Kemenag Bintan (Humas)-- Santri pondok pesantren Al Ihsan Bintan kelas 10 SMA melaksanakan pembuatan media hidroponik. Sebagai langkah awalnya membolongi pipa paralon sebagai media tanam pengganti pot atau tanah. Kegiatan ini adalah realisasi dari program sekolah sekaligus sebagai proyek penguatan pelajar Pancasila dan pelajar rahmatan lil alamin.

Pendamping kegiatan tersebut, Feni Yunika menyampaikan bahwa para santri sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan.

"Alhamdulillah kegiatan ini dapat diikuti oleh santri kelas 10 dengan antusias dan mereka tidak sabar untuk melakukan proses selanjutnya,” tutur Feni.

Dalam kegiatan pembuatan media hidroponik ini para santri dikenalkan bagaimana menginstal media hidroponik berupa pipa paralon 3 inchi, jarak pembolongan pada pipa dan kadar asam pada air yang digunakan.

Kemudian mereka diminta untuk mencatat alat dan bahan di buku kerja mereka, mencatat manfaat, fungsi, kegunaan, dan mencatat langkah-langkah atau cara pembuatan tempat atau wadah hidroponik yang disampaikan oleh narasumber.

Di tempat yang sama Kepala SMA Al Ihsan Bintan, Melvin Irawansyah menuturkan kegiatan hidroponik ini adalah program yang berkelanjutan sampai nanti para santri memetik hasil kerja mereka sendiri.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Melvin
Penulis:
Melvin

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik