Berita

Santri Darussilmi Tinggal di Asrama Dengan Kamar Bersih dan Nyaman

Kamis, 2 November 2023 10:49 WIB
  • Share this on:

Santri Darussilmi Tinggal di Asrama Dengan Kamar Bersih dan Nyaman

Kemenag Bintan (Humas)-- Belajar dan tinggal di pondok pesantren selama 3 tahun bahkan sampai 6 tahun tentu membutuhkan kamar yang bersih dan nyaman. Bagaimana kondisi kebersihan dan kenyamanan kamar di Pondok Pesantren Darussilmi yang sehari-hari ditempati para santri. Kita bahas dalam artikel kali ini.

Selama waktu pendidikan tersebut, Pengelola Pondok Pesantren Darussilmi memikirkan bagaimana para santri, baik putri maupun putra, betah berada di lingkungan asrama. Salah satunya saat berada di kamar. Kamar asrama merupakan tempat bagi santri untuk istirahat, bersosialisasi dengan kawan-kawan, termasuk aktifitas belajar di luar kelas dan aktivitas lainnya.

‘’Melihat begitu pentingnya keberadaan kamar untuk menunjang aktivitas belajar dan lainnya setiap hari, Pondok Pesantren Darussilmi berusaha menyediakan kamar yang ditempati santri sebersih mungkin dan senyaman mungkin,’’ ujar Ustadz Imran Abu Shafwan, belum lama ini.

Dijelaskan Ustad Abu Shafwan, kamar asrama Darussilmi dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Fasilitas yang ada seperti ranjang. kasur, bantal dan lemari dan lainnya. Juga disediakan air minum galon, adanya alat-alat kebersihan dan kamar mandi di masing-masing kamar.

Kamar santri sangat luas sehingga bisa menampung sekitar 10 ranjang besi. Ranjang yang disediakan bertingkat sehingga satu ranjang ditempati dua santri, masing-masing di atas dan di bawah. Total ada sekitar 20 santri yang menempati masing-masing kamar. Ranjang tersebut tersusun rapi.

Dalam menciptakan kondisi kamar yang bersih dan nyaman, masing-masing santri mempunyai tugas untuk membersihkan kamar secara bergiliran. Piket kebersihan kamar dilaksanakan setiap hari. Bahkan kebersihan kamar dilombakan sebulan sekali antar kamar yang ada di Pondok Darussilmi, di asrama putra dan di asrama putri.

Kebersihan dan kenyaman kamar santri tidak luput dari pengawasan guru dan santri kakak kelas. Guru pengawas dan kakak kelas ini rutin mendatangi dan mengecek kamar santri. Selain membangunkan para santri untuk memulai aktivitas di pondok seperti beribadah dan belajar, guru pengawas dan kakak kelas juga mengawasi kebersihan dan kenyamanan kamar. Termasuk melakukan penilaian.

Bila ada ada santri piket kebersihan kamar tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, maka dapat nasihat dan teguran. Dengan demikian, setiap hari kamar yang ditempati santri selalu bersih dan nyaman.

‘’Dari tinggal di kamar asrama ini, para santri belajar untuk hidup mandiri, bertanggung jawab dan menghargai orang lain,’’ pungkas Ustadz Imran Abu Shafwan atau yang akrab disapa Ustad Imran Abdurrosyid ini.

Kontri: Darussilmi

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Darussilmi
Penulis:
Darussilmi

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik