Berita

Santri Darussilmi Laksanakan UAS Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024

Kamis, 14 Desember 2023 13:55 WIB
  • Share this on:

Santri Darussilmi Laksanakan UAS Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024

Kemenag Bintan (Humas)-- Menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil tahun ajaran 2023/2024, Pondok Pesantren Darussilmi Bintan sudah menyusun rundown kegiatan setiap harinya agar para santri bisa belajar dan sekaligus beribadah dengan baik.

Rencayanya, UAS di Pondok Darussilmi Darussilmi dilaksanakan mulai tanggal 27 Nopemver 2023 dan berlangsung hingga 9 Desember 2023. Ujian dilaksanakan dua tahap, mencakup ujian lisan dan ujian tertulis.

Menjelang pelaksanaan UAS Ganjil, sejumlah kegiatan sudah dilaksanakan seperti pemeriksaan buku-buku setiap santri yang diperiksa oleh pimpinan, pendidik dan wali kelas santri. Kemudian dilanjutkan penutupan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) semester ganjil.

Ujian tulis dimulai tanggal 27 Nopember 2023 dan berlangsung selama 4 hari. Pelajaran yang diuji guru terhadap santri pada ujian lisan ini adalah Al Quran, Hadist, Bahasa Arab, doa, dan praktik ibadah.

Usai tahap ujian lisan, seluruh santri, baik santriwan maupun santriwati selanjutnya melaksanakan ujian tulis yang berakhir pada 8 Desember 20234. Mata pelajaran adalah Matematika, Bahasa indonesia, IPA, IPS, Hadist, Tafsir, Agidah, Fikih, dan lain-lain.

Pimpinan Pondok Pesantren Darussilmi Bintan Imran Abdul Rosyid, mengatakan jadwal kegiatan santri sehari-hari sangat padat, termasuk pada masa UAS sehingga perlu diatur dengan baik.

‘’Kegiatan sangat padat dan membutuhkan persiapan para santri untuk belajar dengan serius, namun kegiatan ibadah tetap diutamakan. Jangan sampai para santri lalai melaksanakan kewajibannya untuk beribadah dan tetap melaksanakan aktivitas ibadah seperti biasa. Di awal waktu dan dilakukan secara berjamaah,’’ ujarnya.

Untuk itu, kata Ustadz yang juga dikenal dengan nama Imran Abu Shafwan ini, pengasuh dan pengajar Pondok Pesantren Darussilmi sudah membuat jadwal kegiatan setiap harinya agar jadi acuan santri dalam belajar dan beribadah.

Kegiatan pagi dimulai dengan tahfiz Quran yang dilaksanakan ba’da subuh hingga jam pukul 06.30 WIB. Pada Santri kemudian istrirahat sebentar dan siap-siap masuk kelas melaksanakan ujian dari pukul 08.00 -12. 00 WIB.

Kemudian santri melakukan shalat dzuhur. Ba’da dzuhur, seluruh santri diharuskan tidur sianghingga pukul 15.00 WIB Setelah shalat ashar, santri belajar mandiri hingga masuk waktu shalat Magrib.

Usai shalat magrib, santri makan malam. Dilanjutkan santri melakukan shalat Isya. Ba’da shalat Isya, santri wajib mengikuiti kelas malam untuk siapkan materi ujian besok paginya. Usai kegiatan apel malam, santri lanjut tidur dan bagun saat sebelum shalat subuh untuk melaksanakan Qimullail. Begitu seterusnya.

Semoga santri Darussilmi bisa menjalankan rundown kegiatan yang sudah disusun ini dengan baik dan berhasil dalam ujian sesuai dengan motto Darussilmi ‘’Meraih Prestasi Tinggi dengan Akhlak Terpuji”.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Darussilmi
Penulis:
Darussilmi

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik