Berita

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah, Ribuan Warga Kecamatan Gunung Kijang Pawai Obor Keliling

Minggu, 7 Juli 2024 17:21 WIB
  • Share this on:

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah, Ribuan Warga Kecamatan Gunung Kijang Pawai Obor Keliling

Kemenag Bintan (Humas) - Ribuan masyarakat Kawal, Kecamatan Gunung Kijang ramaikan peringatan 1 Muharam 1446 hijriah dengan melakuakan pawai obor star dari halaman masjid Raya An-Nur sampai ke Gedung Olahraga (Gor) Kawal, Sabtu (6/7/2024) malam.

Dalam pawai itu, berbagai bentuk tampilan kesenian diikutsertakan, mulai dari drum band sekolah Mis, MTs dan SMP, pakaian adat, busana muslim, kesenian wayang anoman dan kompang, hadir dalam kegiatan itu Asisten Pemkab Administrasi Pemkab Bintan, Camat Gunung Kijang, Polsek Gunung Kijang, anggota DPRD Bintan, Lurah Kawal, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Antusias masyarakat sangat terlihat, bahkan masyarakat yang menyaksikan pawai sangat ramai disepanjang jalan, pengawalan mobil patroli polisi ikut mengawasi kegiatan hingga tuntas.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Pemkab Bintan, Wan Rudi, dalam sambutannya mengatakan dirinya mengapresiasi kegiatan itu, ia meminta dalam pawai obor ini peserta yang mengikuti hendaknya berjalan dengan tertib tanpa desak-desakan.

“Pemkab Bintan sangat mengapresiasi kegiatan ini, peserta yang mengikuti hendaknya berjalan secara tertib,” kata Wan Rudi.

Wan Rudi menambahkan, pada tahun baru islam ini hendaknya menjadi momen dalam mengintropeksi diri, evaluasi diri dan koreksi diri, usaha untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Di momentum ini mari kita muhasabah, yang tidak baik harus segera kita tinggalkan, sebagai bentuk perbuatan nyata bahwa kita adalah bertekad untuk menjadi hamba Allah yang taat,” sebut Wan Rudi.

Kapolsek Gunung Kijang, Iptu Jul Ilham mengaku terharu melihat antusias masyarakat Kecamatan Gunung Kijang dalam memperingati tahun baru Islam begitu ramai.

“Saya Kapolsek baru disini, saya sangat terharu melihat animo masyarakat yang luar biasa dalam memperingati 1 Muharam,” kata dia.

Kapolsek juga mengiatkan kepada peserta agar selalu menjaga keselamatan saat pawai berlangsung, jangan sampai berdesakan apalagi berjalan sambil membawa obor.

Panitia PHBI kecamatan Gunung Kijang, Kasmir, mengatakan kegiatan pawai obor peringatan 1 Muharam melibatkan 1.200 peserta, dari jumlah itu menurutnya bisa bertambah karena antusias warga yang ingin meramaikan tahun baru islam.

“Peserta yang kita ikutkan ada 1.200, namun jumlah ini bertambah menjadi 1.500 karena antusias masyarakat Kecamatan Gunung Kijang sangat luar biasa dalam meramaikan peringatan 1 Muharam 1446 Hijriah,” terang Kasmir. 
 

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik