Berita

Sambut Siswa Baru, MTs Idris Bintan Laksanakan MATSAMA Selama Sebulan

Selasa, 20 Agustus 2024 13:43 WIB
  • Share this on:

Sambut Siswa Baru, MTs Idris Bintan Laksanakan MATSAMA Selama Sebulan

Kemenag Bintan (Humas) - Seperti sekolah dan madrasah lainnya, MTs Idris Bintan juga menerima siswa baru di tahun ajaran 2024/2025. Tetapi berbeda dengan madrasah lainnya, para siswa baru MTs Idris Bintan akan mengikuti kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah atau dikenal dengan sebutan MATSAMA selama satu bulan.

Dikarenakan MTs Idris Bintan merupakan lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren, maka pelaksanaan kegiatan MATSAMA selama sebulan di MTs Idris Bintan bertujuan untuk membiasakan para siswa baru dengan kehidupan yang ada di Pondok Pesantren Idris Bintan. Kegiatan MATSAMA juga menjadi sarana untuk para siswa baru beradaptasi dengan lingkungan pondok pesantren.

Kepala MTs Idris Bintan, Ida Wahyuni mengatakan dalam pelaksanaannya, program MATSAMA selama satu bulan bagi kelas 7 tidaklah mudah karena bersamaan dengan proses belajar mengajar untuk kelas di atasnya.

“Walau demikian tetap kita laksanakan dengan upaya yang maksimal, karena ada tujuan besar yang ingin kita capai yaitu pembentukan karakter saleh, cerdas dan siap memimpin melalui pembiasaan positif yang dilakukan setiap harinya,” ujar Ida Wahyuni.

Program MATSAMA diisi dengan berbagai macam kegiatan baik itu kegiatan kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Materi-materi seperti keutamaan menuntut ilmu, motivasi dalam belajar, adab kepada guru, cara mensucikan diri, semua tak luput dari program MATSAMA selama sebulan ini. Ada juga permainan-permainan pemecah kebosanan selama kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia kegiatan. Semua agenda telah tersusun mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik