Berita

Ratusan Santri Ponpes Mambaus Shalihin Meriahkan Kemenag Bintan Menyapa Putaran 8

Rabu, 6 Maret 2024 10:15 WIB
  • Share this on:

Ratusan Santri Ponpes Mambaus Shalihin Meriahkan Kemenag Bintan Menyapa Putaran 8

Kemenag Bintan (Humas) – Sedikit berbeda dengan pelaksanaan Kemenag Bintan Menyapa pada putaran sebelumnya, pada Kemenag Bintan Menyapa putaran 8 yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaus Shalihin Bintan dimeriahkan oleh ratusan santri yang juga menjadi peserta pertemuan. 

Kegiatan Kemenag Bintan Menyapa bersama FKPP Kabupaten Bintan putaran 8 tahun 2024 dilaksanakan dengan meriah di Pondok Pesantren Mambaus Shalihin, Bintan. Kegiatan dilaksanakan Selasa, 5 Maret 2024. 

Kemeriahan terlihat dari sambutan tuan rumah yang menyuguhkan hadroh oleh santri-santri pondok. Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan, perwakilan Fasharhan Mentigi, perwakilan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Uban, perwakilan Satuan Radar 213, Kapolsek Bintan Utara, LAM Binut, MUI Binut, FKPP Bintan, BKMT Bintan Utara, pengurus masjid dan musala Bintan Utara, dan Kepala Sekolah se Bintan Utara.

Dalam arahannya, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin menjelaskan Kemenag Menyapa pertama kali dilaksanakan pada 2023 dan mendapatkan dukungan masyarakat. Pada 2023 berkolaborasi dengan STAIN SAR Kepri untuk mengenalkannya pada masyarakat Bintan dan pada 2024 dilaksanakan berkolaborasi dengan FKPP Bintan dengan tujuan untuk mengenalkan pesantren kepada masyarakat dan membuat citra pondok semakin terbuka. 

Bersama FKPP Bintan yang sangat aktif bersama wujudkan cita-cita Bintan kota santri. Dalam waktu lima tahun pertumbuhan pesantren sangat cepat. Sebanyak 10 pesantren didirikan dalam 5 tahun dan seluruhnya telah berkomitmen bahwa NKRI harga mati.

“Dalam ponpes dilatih karakter yang baik. Belajarlah dengan sungguh-sungguh agar akar tafaqqub fiddin dapat terlaksana dengan baik. Man jadda wa jadda. Allah tidak mengubah suatu kaum jika mereka tidak mengubahnya,” pesan Erman kepada para santri. 

Erman mengatakan Kemenag Bintan memberikan layanan agama dan keagamaan kepada masyarakat Bintan. 

“Dalam bidang bimbingan masyarakat Islam ada KUA yang melayani administrasi perkawinan. Kita sedang menunggu rencana KUA menjadi pusat layanan seluruh agama. Kemenag Bintan juga melakukan pelayanan ibadah haji. Kabar terbaru, istithaah menjadi syarat penting pemberangkatan jemaah mulai tahun ini,” imbuhnya. 

“Kemenag juga melayani pondok pesantren baik dalam formalitas pendirian, fasilitasi, pembinaan dan pengawasan pondok pesantren, dan sebagainya. Kami mengucapkan selamat menyambut Ramadhan 1445 H semoga kita menjadi orang yang bertaqwa,” imbuhnya. 

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik