Berita

Perwakilan MTs Idris Bintan Ikuti Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

Selasa, 6 Pebruari 2024 14:19 WIB
  • Share this on:

Perwakilan MTs Idris Bintan Ikuti Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

Kemenag Bintan (Humas)-- Dua orang siswi dan satu guru MTs Idris Bintan menjadi perwakilan yang mengikuti Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman di Hotel Aston, Tanjungpinang (06/02/2024). Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan advokasi yang telah dilaksanakan pada Kamis, 25 Januari 2024 di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Kabupaten Bintan.

Kegiatan merupakan rangkaian awal kegiatan Intervensi Keamanan Pangan di Kabupaten Bintan. Dalam kegiatan tersebut telah diputuskan 16 sekolah/madrasah yang akan diintervensi. MTs Idris Bintan merupakan satu diantara sekolah yang mendapat Intervensi Keamanan Pangan di Kabupaten Bintan.

Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman diikuti oleh dua orang siswa dan satu orang guru yang berasal 16 sekolah/madrasah yang akan diintervensi. Kegiatan tersebut diisi oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Batam yang memberikan materi tentang Pengenalan Bahaya Keamanan Pangan.

Peserta Sosialisasi juga mendapat materi tentang Mengenal dan Memilih Pangan Aman (5 Kunci KP). Semuanya bertujuan agar siswa-siswi sekolah/madrasah mampu memilih dan memilah mana makanan yang aman dan menyehatkan dan mana makanan yang tidak aman dan tidak sehat.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk kami selaku guru dan siswa karena tadi kami diberikan materi tentang cara melihat dan memperoleh informasi dari Informasi Nilai Gizi (ING) yang terdapat pada kemasan jajan-jajan yang dikonsumsi siswa. Para siswa memang harus bisa memilih jajanan atau pangan yang sehat dan layak konsumsi sehingga tidak menimbulkan gangguan pencernaan dan lain sebagainya,” ujar Ida Wahyuni Lubis, salah seorang Guru MTs Idris Bintan yang menjadi perwakilan dalam acara Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman.

Sri Astuti, selaku Kepala MTs Idris Bintan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) memang perlu diperhatikan. “Setiap sekolah memang harus dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman keamanan pangan terutama keamanan pangan di kantin sekolah. Oleh karena itu, pihak sekolah harus memastikan kantin yang merupakan penyalur jajanan untuk siswa harus menyediakan makanan yang sehat, aman dan layak untuk dikonsumsi,” ungkapnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Sri Astuti
Penulis:
Sri Astuti

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik