Berita

Perwakilan JAKIM Sebut 14 Cluster Sudah Tersertifikasi Halal di Malaysia

Sabtu, 16 Maret 2024 14:38 WIB
  • Share this on:

Perwakilan JAKIM Sebut 14 Cluster Sudah Tersertifikasi Halal di Malaysia

Kemenag Bintan (Humas) – Perwakilan Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), Yuhannis Abdul Latief menjadi pembicara ketiga pada kegiatan seminar internasional Produk Halal Go Global Navigating and Challenge di Gedung Daerah, Jumat, 15 Maret 2024 siang. Dia menyampaikan materinya secara daring.

Dalam sesi ketiga tersebut, dia mengatakan proses sertifikasi halal di Malaysia tidak bertumpu pada makanan dan minuman saja tetapi sudah menyasar 14 cluster termasuk e-commerce. Jakim berpengalaman pada pameran yang menghadirkan 1.890 boots untuk membantu sertifikat halal di Malaysia.

“Gelaran pameran digelar secara rutin termasuk di negara negara lainnya. Sudah 20 tahun lebih JAKIM Malaysia sudah mendedikasikan dirinya dalam bidang halal. Kami akan menggelar Expo kembali pada September di Indonesia,” ujarnya.

Dalam setahun pertumbuhan perdagangan dalam bidang produk-produk halal di Malaysia sudah mencapai 3.2 billion RM. Sebanyak 500 mitra dagang internasional sudah menandatangani MoU. Sebanyak 822 eksportir Malaysia juga sudah melakukan kerjasama.

“Dukungan luas diberikan di Malaysia. Setiap penyelenggaraan expo selalu diikuti oleh tidak kurang dari 1.040 peserta dari 44 negara dan peserta dari Indonesia selalu paling banyak. Rinciannya sebanyak 288 peserta expo merupakan peserta asal luar negeri. Dalam setiap ivent bisa menghadirkan 38.566 pengunjung dari 100 negara, karena selama sebulan sebelumnya sudah dipublikasikan secara luas. Dan total pengunjung terbanyak selalu dari Indonesia,” imbuhnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik