Berita

Pertemuan KKM dan MGMP se Bintan Digelar di MA Idris Bintan

Rabu, 8 November 2023 13:25 WIB
  • Share this on:

Pertemuan KKM dan MGMP se Bintan Digelar di MA Idris Bintan

Kemenag Bintan (Humas)—Pertemuan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) dan Musyawarag Guru Mata Pelajaran (MGMP) se Bintan digelar di MA Idris Bintan, Kampung Jeropet, Kawal, belum lama ini.

Madrasah Aliyah Idris Bintan kembali  mengadakan kegiatan Pertemuan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Se-Bintan Pada 6 November 2023 di Madrasah Aliyah Idris Bintan. Pada pertemuan ini dihadiri oleh Hj. Murdifah selaku Pengawas Madrasah dan beberapa perwakilan serta kepala madrasah, antara lain Zulfahmi, Kepala MAN Bintan, Munir, Kepala MA Membaus Sholihin, Fathorazi, Kepala MA Madani Bintan dan Nur Safitri, selaku Kepala MA Idris Bintan.

Dalam sambutannya, Nur safitri selaku tuan rumah mengatakan pertemuan tersebut dinilainya penting dilakukan.

“Kami sebagai madrasah baru sudah seharusnya lebih banyak belajar, bertukar fikiran dan berbagi ilmu,” kata Nur Safitri.

Dalam kesempatan tersebut, Pengawas MA Kemenag Bintan, Hj. Murdifah turut mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh KKM dan MGMP. Dia turut mendorong kegiatan tersebut agar dapat selalu terlaksana minimal 4 kali dalam satu semester.

“Supaya terjadi transformasi ilmu dan pengalaman, maka lokasinya bisa dilakukan secara bergilir karena kami menilai kegiatan ini merupakan kegiatan yang baik untuk meningkatkan skill, kemampuan dan kapasitas,” ujar Murdifah.

“Kegiatan juga setidaknya semakin memperkuat pemahaman kita dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kami berpesan tetap menjaga kekompakan. Tetap semangat dalam berjuang karena jenjang MA yang ada di Bintan hanya ada empat madrasah. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama akan lahir MA baru sehingga jumlahnya terus bertambah,” ujar Murdifah lagi.

Dalam materinya, Sulfiana sebagai narasumber tentang asesmen kurikulum merdeka mengatakan asesmen dilakukan dalam dua bentuk. Yaitu asesmen sumatif dan asesmen formatif yang dilanjutkan dengan cara menghitung nilai rapor menggunakan aplikasi excel mengacu pada kurikulum merdeka.

Kegiatan diselingi dengan diskusi implementasi kurikulum merdeka oleh peserta pertemuan khususnya pada segmen RDM online.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Nur Safitri
Penulis:
Nur Safitri

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik