Berita

Persari MIS Miftahul Ulum Kawal Meriah Dengan Sejumlah Agenda

Senin, 26 Agustus 2024 15:38 WIB
  • Share this on:

Persari MIS Miftahul Ulum Kawal Meriah Dengan Sejumlah Agenda

Kemenag Bintan (Humas) - Banyak ragam kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk memperingati hari besar nasional, salah satunya Hari Pramuka ke- 63. Dalam suasana hari pramuka tersebut, ekstrakulikuler pramuka di MIS Miftahul Ulum Kawal melaksanakan kegiatan Persari (Perkemahan Sehari) yang diikuti oleh Penggalang Pramuka yang terdiri dari siswa-siswi kelas 4 hingga kelas 6. Rangkaian kegiatan yang melelahkan, terbayar dengan keseruan yang dirasakan bersama kakak pembina, pelatih dan penegak. Kegiatan tersebut juga sebagai penyegaran pikiran untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dan mengembalikan konsentrasi.

MIS Miftahul Ulum Kawal melaksanakan kegiatan Persari pada Sabtu (24/8/2024) memperingati hari pramuka ke- 63 yang juga merupakan program kerja tahunan ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan tersebut meliputi berbagai rangkaian kegiatan yang dimulai dari pukul 07.00 - 22.00 Wib dengan diikuti oleh seluruh penggalang pramuka dari kelas 4 hingga kelas 6, pembina, pelatih dan penegak serta seluruh majelis guru antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kak Ali Jabri sebagai perwakilan dari Kwarran Gunung Kijang, Ketua RW.IV kak Ali Rahman, Kemabigus MIS Miftahul Ulum Kawal Kak Suradi, Kak Yono sebagai pelatih pramuka MIS Miftahul Ulum Kawal, Pengawas MI Kabupaten Bintan Kak Ida Nuryati, Kak Widya Wahyu Ningsih dan Kak Ayu Ningsih sebagai pembina ekskul pramuka, kakak penegak dan kakak-kakak majelis guru MIS Miftahul Ulum Kawal.

Mengawali kegiatan, Kamabigus Kak Suradi bertindak sebagai pembina upacara dalam pembukaan kegiatan Persari 2024. Gema Suara Miftahul Ulum mengiringi musik selama upacara berlangsung dengan diiringi rintik hujan pagi hari, namun tidak menyurutkan semangat seluruh hadirin untuk mengikuti kegiatan persari tersebut. Setelah upacara pembukaan selesai, selanjutnya peserta mendengarkan materi motivasi dan penguatan diri yang disampaikan oleh Kak Yono dan kakak penegak. Selanjutnya, peserta melakukan persiapan hiking, namun sebelum melaksanakan hiking, peserta terlebih dahulu melaksanakan istirahat, makan dan salat Zuhur. Selanjutnya, peserta melaksanakan hiking dengan didampingi kakak penegak dan kakak pembina menuju pos-pos yang sudah ditentukan dan melaksanakan tugas di masing-masing pos.

Sebelum melanjutkan ke pos berikutnya, peserta diarahkan untuk melaksanakan ishoma Ashar. Setelah melaksanakan Ishoma Ashar, peserta harus melewati rintangan outbond di pos selanjutnya. Setelah peserta dapat melewati rintangan outbond, peserta dapat melanjutkan perjalanan menuju pos terakhir dan ishoma Magrib dan Isya. Selanjutnya, momen yang dinanti-nantikan pun tiba, yakni upacara api unggun dan pentas seni dari masing-masing kelompok.

Bertindak sebagai pembina upacara api unggun, Kamabigus MIS Miftahul Ulum Kawal memberikan api kepada salah satu petugas api unggun yang membawa obor untuk selanjutnya di berikan kepada petugas lainnya. Sebelum api unggun dinyalakan, petugas api unggun membacakan 10 Dasa Darma dan meletakkan obor untuk menyalakan api unggun. Setelah upacara api unggun selesai dilaksanakan, rangkaian kegiatan terakhir yakni pentas seni dari 8 kelompok yang sudah dipilih secara acak menampilkan kreativitas masing-masing kelompok di atas panggung. Pada malam pelaksanaan api unggun dan pentas seni, warga diperbolehkan untuk menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut dengan terlebih dahulu mengisi buku tamu yang sudah disediakan di gerbang masuk.

Kegiatan api unggun juga dimeriahkan oleh kembang api yang dinyalakan bersamaan dengan nyalanya api unggun. Lelah mengikuti kegiatan tidak dapat dirasakan karena keseruan selama menjalankan kegiatan bersama dengan penuh keakraban. Kamabigus MIS Miftahul Ulum Kawal dalam pidatonya mengatakan, diharapkan para penegak yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi tauladan dalam lingkungan sekitar. Ia juga berterima kasih kepada kakak pembina, kakak pelatih dan kakak penegak yang sudah menyukseskan Persari 2024 dengan meriah.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Eko Sulestyo Nugroho
Penulis:
Eko Sulestyo Nugroho

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik