Berita

Peringatan Isra Mikraj di Masjid Al Ma’ruf Desa Kelong Meriah

Kamis, 8 Pebruari 2024 14:31 WIB
  • Share this on:

Peringatan Isra Mikraj di Masjid Al Ma’ruf Desa Kelong Meriah

Kemenag Bintan (Humas)—Peringatan Isra Mikraj di Kabupaten Bintan diperingatan dengan meriah, mulai dari masjid-masjid di kampung, tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Masyarakat Kabupaten Bintan juga memperingati Isra Mikraj dengan menziarahi Makam Bukit Batu di Bintan Buyu.

Peringatan Isra Mikraj di Masjid Al Ma’ruf di Desa Kelong terbilang meriah. Kepala Desa Kelong mengatakan peringatan Isra Mi'raj bertujuan untuk mengenang dan mengambil hikmah dari perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dalam waktu semalam. Dari perjalanan tersebut, Allah SWT memperlihatkan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan-Nya kepada Sang Rasul.

Menilik sejarah Isra Mikraj 1500 tahun yang lalu, Nabi Muhammad mendapat mukjizat berupa perjalanan ke langit ketujuh dalam satu malam yang disebut dengan Isra Mikraj. Peristiwa yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab Hijriah ini kerap dikisahkan sebagai hadiah Allah untuk Rasul-Nya yang sedang dilanda kesedihan karena ditinggal oleh istri dan paman tercintanya.

Sepeninggalan istri tercintanya Khadijah dan paman tercintanya, Rasulullah juga mengalami tekanan teror dari kaum Quraisy. Tekanan-tekanan baik dari internal dan eksternal telah sempurna Rasulullah terima yang membuatnya terhimpit dari segala arah. Maka, Isra Mikraj adalah cara Allah untuk menghibur hati Nabi Shallalahu ‘alaihi wasallam.

Isra dan Mikraj secara sederhana dibagi ke dalam dua peristiwa, yakni Isra dan Mikraj. Isra dimaknai dengan perjalanan malam hari yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dari Ka’bah (Makkah) menuju Baitul Maqdis (Yerusalam/Madinah).

Sementara, Mi’raj dimaknai dengan kenaikan, di mana Allah SWT mengangkat Nabi Muhammad SAW dari Baitul Maqdis melewati langit ke-7 menuju Sidratul Muntaha. Peristiwa Mi’raj ini yang nantinya memunculkan adanya perintah salat wajib lima waktu bagi umat Islam.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik