Berita

Peringatan Hari Guru Nasional Sukses Digelar di Bintan

Sabtu, 25 November 2023 11:53 WIB
  • Share this on:

Peringatan Hari Guru Nasional Sukses Digelar di Bintan

Kemenag Bintan (Humas)-- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan sukses gelar upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Sabtu, 25 Nopember 2023 di lapangan MTs Negeri Bintan, Kijang. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin. Upacara dilaksanakan sesuai dengan surat edaran Menteri Agama dan peserta mengenakan pakaian adat Nusantara.

Hadir dalam upacara antara lain Pejabat Pengawas, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Kepala Kantor Urusan Agama, Pimpinan Pondok Pesantren, ASN dilingkungan Kemenag Bintan, guru madrasah, guru RA yang membawakan salawat Busyro dan undangan. Kegiatan dimeriahkan dengan penampilan Drumband Gema Nada Utama MTs Negeri Bintan dan sejumlah penampilan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan sejumlah apresiasi kepada siswa, guru, dan madrasah yang telah mengukir prestasi pada tahun 2023 baik pada level lokal, nasional dan internasional atau regional.

Di bawah langit yang cukup sejuk, Kakan Kemenag Bintan membacakan amanat Menteri Agama RI yang tahun ini mengangkat tema guru pembelajar, bahagia mengajar.

Erman mengatakan hanya orang-orang yang terbaiklah yang terpilih menjadi guru. Guru adalah profesi yang amat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru di Indonesia. Guru adalah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa.

Erman mengingatkan saat tantangan zaman kian kompleks, guru memikul tanggung jawab besar dalam membentuk generasi yang tangguh, sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dengan kehadiran kecerdasan buatan, menjadikan guru untuk terus menjadi pembelajar demi lahirnya anak bangsa yang mumpuni dalam merespon isu global masa kini.

Lebih lanjut, Erman mengatakan saat ini kita sedang berusaha bersama menyongsong Indonesia Emas 2045. Bonus demografi di depan mata. Indonesia panen generasi produktif di era transformasi digital. Tentu para guru berperan penting dalam ikut membentuk mereka menjadi pribadi hebat dan berkarakter di era transformasi digital.

Tema “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar” mencerminkan potret guru yang tranformatif. Kementerian Agama telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital. Kementerian Agama juga berkomitmen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru.

Sebab guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, asesmen komprehensif, penjaminan mutu dan tata kelola pendidikan. Sebab, pendidikan juga memiliki kapasitas untuk mentransformasi anak didik yang menjadi manusia yang memiliki pengetahuan luas, kepribadian yang kuat, kreatifitas yang berkembang dan moralitas yang terpuji.

Selamat Hari Guru Nasional 2023 kepada seluruh guru di Indonesia.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik