Berita

Pergantian Pengasuh Rumah Tahfiz Qur'an Al-Ma'ruf, Kepala KUA Bintan Pesisir Pesan Agar Benahi Manajemen Rumah Tahfiz

Senin, 27 November 2023 08:24 WIB
  • Share this on:

Pergantian Pengasuh Rumah Tahfiz Qur'an Al-Ma'ruf, Kepala KUA Bintan Pesisir Pesan Agar Benahi Manajemen Rumah Tahfiz

Kemenag Bintan (Humas)-- Kepala KUA Kecamatan Bintan Pesisir, H. Ramli Hamid mengadakan rapat dengan agenda membahas dan mengevaluasi program kerja Rumah Tahfiz Qur’an al-Ma’ruf Desa Kelong. Rapat tersebut dilaksanakan bersamaan dengan adanya penggantian tenaga pengajar tahfiz yakni Ustadz Muhammad Rizki yang menggantikan Ustadz Royyan yang telah habis masa tugasnya. Hadir dalam rapat tersebut Camat Bintan Pesisir Assun Anni, Perwakilan dari Yayasan Umar Ismail Natuna Naharuddin, Ketua MUI Bintan Pesisir Sudirman, Ketua DMI Bintan Pesisir Umar Husen, Imam Masjid Besar Bintan Pesisir Saimun, Kepala Desa Kelong yang diwakili oleh Plt. Sekdes Agung Isman, Ketua BPD Desa Kelong dan perwakilan wali santri dan guru-guru TPQ al-Ma'ruf.

Rapat diadakan di ruang utama Masjid Besar al-Ma'ruf, Bintan Pesisir. Agenda penting dibahas dalam rapat terkait minimnya minat masyarakat terhadap program tahfiz qur’an, penerimaan peserta didik baru untuk tahun 2023/2024, evaluasi program. Untuk biaya operasional Rumah Tahfiz saat ini sepenuhnya dibiayai oleh APBD Desa Kelong.

Dalam sambutan dan arahannya Camat Bintan Pesisir, Assun Ani menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap adanya rumah tahfidz di Desa Kelong, Bintan Pesisir.

“Adanya rumah tahfiz merupakan suatu keberkahan dan kebaikan bagi kita semua masyarakat desa Kelong dan Bintan Pesisir. Pahala orang yang membaca dan menghafal al-Qur’an sangat besar dari sisi Allah Swt. Diantaranya penghafal al-Qur’an akan membawa syafaat bagi kedua orang tuanya dan keluarganya yang lain. Terkait dengan operasional kami akan terus mengingatkan pemerintah desa agar jangan lupa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan rumah tahfiz ini. Saya menghimbau kepada masyarakat agar lebih bersemangat lagi untuk memasukkan anak-anak kita rumah tahfiz”, harap Assun Anni.

Pada kesempatan itu pula Plt. Sekdes Desa Kelong Agung Isman, menyampaikan dukungan dan harapan serta memberikan semangat kepada pengurus ke rumah tahfiz. 

"Bapak dan Ibu sekalian pemerintah Desa Kelong selalu memberikan dukungan berupa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan rumah tahfiz kita. Harapan kami ke depannya juga harus ada progres terkait hasil yang diperoleh dari kegiatan rumah tahfiz ini. Karena sudah kita anggarkan lewat APBD Desa Kelong jadi kami juga ingin melihat hasilnya. Karena selama ini belum ada hasil dari pembelajaran tahfiz yang dapat kami andalkan", ujarnya.

Sementara itu, Kepala KUA Bintan Pesisir, H. Ramli Hamid dalam rapat tersebut menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah Desa Kelong yang telah membiayai kegiatan Rumah Tahfiz.

"Saya berharap rumah tahfiz ini membenahi dari sisi manajemen, karena minimnya minat masyarakat dan hasil yang didapat itu dikarenakan sistem manajemen kita belum rapi dan maksimal. Kemudian belum ada kerjasama yang nyata antara pihak pengelola dan masyarakat atau wali santri. Rumah Tahfiz di Desa Kelong merupakan satu-satunya di Kecamatan Bintan Pesisir, maka harus segera diberdayakan dan dibesarkan untuk ini menjadi tanggungjawab kita semua. Ke depannya pembentukan yayasan harus segera diupayakan sehingga memiliki legalitas secara hukum dan untuk segera mengajukan izin operasional kepada Kementerian Agama,” pesan Ramli.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Ramli Hamid
Penulis:
Ramli Hamid

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik