Berita

Perayaan Ogoh – Ogoh Transfer Budaya Gratis

Rabu, 13 Maret 2024 11:21 WIB
  • Share this on:

Perayaan Ogoh – Ogoh Transfer Budaya Gratis

Kemenag Bintan (Humas) - Parisadan Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Bintan sukses gelar pawai ogoh – ogoh dan pameran budaya Nusantara di Lagoi Bay selama beberapa satu pekan kemarin. 

Dewa Ketut Suratnaya, Wakil Ketua Bidang Keagamaan dan Spiritualitas PHDI Pusat mengatakan Ogoh Ogoh sejatinya baru muncul pada 1983. Ogoh Ogoh adalah budaya yang baru saja diciptakan untuk merayakan Nyepi. Berasal dari kata “Ogah Ogah” yang artinya dalam bahasa Bali Utara “digoyang goyang”. 

Ronny Kartika, Sekda Kabupaten BIntan dalaam sambutannya mengatakan perayaan Nyepi yang berdekatan dengan Ramadhan diharapkan menjadi ikatan yang membingkai keragaman menjadi ukhuwah bagi warga Bintan agar semakin kuat meskipun kita saling berbeda. 

“Puasa Ramadhan juga memiliki hakekat yang sama dalam mentafakuri nikmat Allah SWT, Tuhan YME. Sehingga seluruh elemen bangsa dan agama bersatu dalam NKRI,” ucap Sekda Bintan. 

Ronny menyebut pawai mempromosikan pariwisata di Bintan berkolaborasi bersama komunitas-komunitas dari luar sehingga lebih mudah dan murah. Dia mengatakan transfer budaya selalu terjadi dalam kehidupan kita sehingga untuk melihat ogoh ogoh tidak perlu ke Bali tetapi cukup di Bintan.

“Perlu kolaborasi semua pihak dengan andil masing-masing sehingga peningkatan wisatawan terjadi. Kita optimis akan terjadi lompatan wisatawan dengan 46 event baik lokal, nasional dan internasional untuk mentarget 150 ribu wisatawan dengan target nilai PAD mencapai 250 miliar termasuk 6 event nasional di Lagoi dan sejumlah spot di Bintan,” jelasnya. 

Sejumlah event internasional sudah berlangsung seperti Bintan triathlon. Ronny mengatakan agar semakin semarak event dikemas di akhir pekan sehingga bukan saja turis internasional saja yang bisa menikmati tetapi turis lokal pun bisa. 

Pemkab Bintan terus mengembangkan daerah - daerah tujuan wisata di Bintan sehingga menambah PAD dengan harapan kesejahteraan masyarakat meningkat.

“Dengan demikian hubungan manusia dengan tuhan didapat dan hubungan manusia dengan manusia juga didapat. Kita juga bersyukur pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan sangat baik, aman dan damai,” imbuhnya. 

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik