Berita

Perayaan HUT ke 79 RI, Santri Ponpes Al Ihsan Bintan Gelar Expo

Senin, 19 Agustus 2024 09:49 WIB
  • Share this on:

Perayaan HUT ke 79 RI, Santri Ponpes Al Ihsan Bintan Gelar Expo

Kemenag Bintan (Humas) - Santri Pondok Pesantren Al Ihsan Bintan mengadakan expo dan bazar bersama orang tua di komplek pesantren. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79.

Acara ini semakin terasa kemeriahannya karena diadakan perlombaan antar orang tua santri dan juga perlombaan kombinasi antara orang tua santri dan guru. Perlombaan yang diadakan meliputi lomba volly, lomba memancing, lomba lari estafet dan lomba rantai sarung.

Kepala Pondok, Fatwa Fathurrahman mengatakan khusus untuk lomba memancing, orang tua ditawarkan hasil mancingnya untuk dimasak langsung di pesantren karena bumbunya sudah disediakan, agar dapat dinikmati bersama dengan para santri.

Sementara kegiatan expo dan bazar para santri membuat beraneka produk hasil kreasi sendiri. Produk yang dibuat sudah ditentukan sesuai kelasnya masing-masing, seperti kue bolu, es kopyor, boko pandan, kripik tempe, gabin tape dan lain-lain.

Kegiatan expo dan bazar ini sekaligus pembelajan berwirausaha agar santri memiliki jiwa tanggungjawab, mandiri dan saling bergotong royong. Elemen tersebut adalah nilai-nilai yang diambil dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Fatwa Fathurrahman menambahkan bahwa banyak sekali cara untuk mensyukuri hari kemerdekaan Republik Indonesia, di antaranya adalah kegiatan seperti ini, selain menimbulkan kebersamaan bersama orang tua juga melatih anak-anak agar merayakan kemerdekaan dengan kegiatan yang positif, bukan sekedar seru-seruan dan lucu-lucuan, tapi juga bernilai pendidikan dan bernilai ibadah di sisi Allah Swt.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Melvin
Penulis:
Melvin

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik