Berita

Penyuluh Agama Islam, Zainal Arifin Berikan Tausiyah Giat Ngopi

Jumat, 23 Agustus 2024 14:01 WIB
  • Share this on:

Penyuluh Agama Islam, Zainal Arifin Berikan Tausiyah Giat Ngopi

Kemenag Bintan (Humas) – Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Zainal Arifin memberikan tausiyah pada giat Ngobrol Perkara Iman (Ngopi) bagi jajaran Kantor Kemenag Bintan. Kegiatan digelar Jumat, 23 Agustus 2024 di aula Kantor Kemenag Bintan. Hadir dalam giat antara lain Kepala Kantor Kemenag Bintan, para pejabat pengawas, pengawas madrasah dan seluruh ASN.

Arifin mengatakan akronim Ngopi juga bisa diterjemahkan sebagai ngolah pikir. Dia mengatakan olah pikir diperlukan untuk mengkaji dan mengaji dalam rangka beribadah kepada Allah Swt.

Dia juga mengabarkan saat ini seluruh penyuluh agama sudah ternaungi dalam wadah organisasi Ipari yang merupakan singkatan dari Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia. Untuk itu dia berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama akan terbentuk Ipari Kabupaten Bintan.

Sementara itu, dia mengajak ASN Kemenag Bintan untuk mengkaji Kitab Sabilal Muhtadin lit-Tafaqquh fi Amrid-din karya Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah bin Abdur Rahman al-Banjari. Dalam salah satu kajian sang Syekh membahas ada empat perkara yang baik dikerjakan oleh orang tertentu tetapi lebih baik jika dikerjakan oleh sebagian orang lainnya.

Apa saja perkara itu? Yuk, kita simak.

Pertama, sifat malu. Malu adalah sifat yang baik jika dikerjakan oleh laki-laki, tetapi, sifat malu akan lebih baik jika dimiliki oleh kaum perempuan. Sifat malu penting untuk menjaga dan mempertahankan harga diri.

Kedua, sifat adil. Sifat adil adalah sikap yang baik dimiliki oleh semua orang, namun sikap adil akan jauh lebih baik jika dimiliki oleh pemimpin.

Ketiga, taubat. Pekerjaan taubat baik jika dikerjakan oleh mereka yang sudah memasuki usia senja bahkan menjadi keharusan karena dosanya yang banyak. Tetapi bertaubat akan akan lebih baik jika dimiliki atau dilakukan oleh para pemuda.

Keempat, pemurah. Sifat pemurah wajar saja jika dimiliki oleh orang kaya, tetapi sifat pemurah akan lebih baik jika dimiliki oleh mereka yang miskin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin dalam arahannya mengatakan akan segera mengambil langkah-langkah untuk mendorong lahirnya organisasi Ipari di Kabupaten Bintan. Erman juga meminta jajarannya untuk menjaga suasana tetap kondusif jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun ini.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik