Berita

Pentabalan Gelar Adat Kepada Wakapolri, Ansar Ahmad Sebut Bangsa Melayu Sangat Terbuka

Sabtu, 3 Pebruari 2024 20:30 WIB
  • Share this on:

Pentabalan Gelar Adat Kepada Wakapolri, Ansar Ahmad Sebut Bangsa Melayu Sangat Terbuka

Kemenag Bintan (Humas)-- Lembaga Adat Melayu Kepulauan Riau menggelar Majelis Penganugerahan Gelar Adat Dato Seri Sakti Bhayangkara Utama Tuan Komjenpol Drs. Agus Andrianto, SH.MH.

Gelaran adat tersebut dilaksanakan di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Sabtu, 3 Januari 2024. Penabalan gelar adat dihadiri dari 17 kerajaan dan kesultanan termasuk dari Kesultanan Johor dan Malaka.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad mengatakan masyarakat Melayu merupakan bangsa yang sangat terbuka. Keterbukaan itu ditunjukkan dalam berbagai bentuk akulturasi.

“Kepri merupakan provinsi ke 32 dari NKRI. Bangsa Melayu adalah bangsa yang sangat terbuka pada entitas lainnya. Dalam perkembangannya di Nusantara, Melayu menjadi akar budaya dan melahirkan bahasa nasional yang bersumber dari bahasa Melayu,” kata Ansar Ahmad.

Keterbukaan bangsa Melayu bukan saja pada entitas budaya tetapi juga entitas lainnya baik agama, ekonomi, sosial dan kemasyarakatan. Pentabalan gelar adat merupakan bentuk pelestarian budaya yang dilaksanakan oleh Lembaga Adat Melayu.

LAM dinilainya sebagai penjaga eksistensi budaya Melayu telah menunjukkan eksistensinya dalam menjaga, memelihara budaya Melayu sebagai budaya bangsa.

LAM Kepri sudah menabalkan berbagai gelar kepada sejumlah tokoh nasional maupun internasional antara lain Yusuf Kalla, Tito Karnavian dan lain lain. Pentabalan gelar adat diberikan kepada tokoh bangsa yang sudah berjasa kepada bangsa.

“Dalam hal ini pentabalan gelar adat diberikan kepada Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto karena berjasa besar dalam menjaga keselamatan, keamanan dan ketentraman bangsa Indonesia,” ucapnya.

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan masyarakat Kepulauan Riau mengucapkan selamat atas pentabalan ini. Semoga memberikan keberkahan bagi bangsa dan negara,” imbuhnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik