Berita

Pengawas PAI SMP Sampaikan Pentingnya Aplikasi Siaga Bagi Guru PAI

Rabu, 7 Agustus 2024 11:20 WIB
  • Share this on:

Pengawas PAI SMP Sampaikan Pentingnya Aplikasi Siaga Bagi Guru PAI

Kemenag Bintan (Humas) – Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Kantor Kemenag Bintan, Dartoyo menyampaikan betapa pentingnya aplikasi Siaga bagi para guru PAI.

Dartoyo menjelaskan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Guru Agama (SIAGA) kembali di buka Senin, 5 Agustus 2024 untuk seluruh Guru PAI. Setelah beberapa pekan sebelumnya ditutup karena proses maintenance atau perbaikan sebagaimana biasanya saat pergantian semester pada tahun pelajaran berlangsung.

Dartoyo menjelaskan Siaga merupakan aplikasi yang sangat penting bagi guru PAI pada semua jenjang mulai TK hingga SMA/SMK, baik guru PAI PNS maupun non PNS.

Aplikasi Siaga juga menjadi dasar bagi Dirjen Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan program sertifikasi, pembayaran TPG dan pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB).

Oleh Karena itu pesan Dartoyo, setiap guru harus segera mengupdate datanya masing-masing.

“Guru akan berstatus aktif mengajar apabila ia sudah sampai isi jadwal mengajarnya, kemudian ditandatangani oleh kepala sekolahnya dan diupload kembali jadwal mengajarnya tersebut,” ujar Dartoyo.

Sedangkan bagi guru yang sudah sertifikasi harus sampai mengupload Surat Keterangan Melaksanakan Tugas (SKMT) yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan Pengawas PAI.

“Jangan lupa untuk mengisi absensi kehadiran guru pada Siaga dan meng-uploadnya kembali,” imbuhnya.

Selanjutnya admin Siaga yang akan melanjutkan proses verifikasi wajib bekerjasama dengan pengawas PAI yang ada.

“Jika menemui kendala, segeralah berkomunikasikan dengan admin Siaga Kemenag maupun pengawas PAI agar terjalin kolaboratif yang baik,” ucapnya lagi.

Kepada seluruh guru PAI dia berharap selalu proaktif dalam proses pembelajaran di sekolah, agar terwujud generasi Islam masa depan yang cemerlang, mengajar secara profesional dan yang utama adalah ikhlas dalam mengajar sehingga benar-benar mencintai profesinya sebagai guru. 

Hatiman.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik