Berita

Pekan Pertama Awal Masuk Sekolah, MIS Miftahul Ulum Kawal Gotong Royong

Senin, 22 Januari 2024 15:24 WIB
  • Share this on:

Pekan Pertama Awal Masuk Sekolah, MIS Miftahul Ulum Kawal Gotong Royong

Kemenag Bintan (Humas)—Tanggal 2 Januari 2024 merupakan awal masuk sekolah semester genap tahun pelajaran 2023/2024 setelah sebelumnya siswa libur semester ganjil beberapa waktu lalu. Seluruh siswa dan majelis guru juga wajib hadir pada hari pertama sekolah tersebut terkecuali sedang berhalangan hadir yang dibuktikan dengan surat pemberitahuan.

Mengawali masuk sekolah, MIS Miftahul Ulum Kawal mengajak seluruh warga MIS Miftahul Ulum Kawal untuk bergotong royong membersihkan sekolah seperti kelas, halaman sekolah, wc dan lain sebagainya. 

Dua hari pertama, siswa belum melaksanakan kegiatan pembelajaran dan difokuskan untuk membersihkan lingkungan dan menyiapkan kelas untuk menyambut pembelajaran di kelas nantinya. Sembari siswa membersihkan kelas, seluruh guru juga menyiapkan administrasi dan perangkat mengajar semester genap tahun pelajaran 2023/2024 dan mengevaluasi pembelajaran pada semester sebelumnya.

Pada hari ketiga, proses pembelajaran baru mulai dilaksanakan menggunakan metode pembelajaran yang disusun oleh masing-masing guru, meskipun diguyur hujan dari pagi hari, namun semangat siswa dan guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah tetap tinggi.

Kepala MIS Miftahul Ulum Kawal, Anisah mengatakan, pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2023/2024 ini akan ada sedikit penyesuaian baru, seperti pemanfaatan penggunaan media belajar untuk siswa kelas 6, projek dan lain sebagainya. Untuk itu, diharapkan guru dapat mempersiapkan materi yang sesuai dengan pembelajaran yang akan disampaikan nantinya agar siswa lebih cepat tanggap dan memahami materi.

Tidak hanya proses belajar mengajar saja yang sudah mulai dilaksanakan, kegiatan lainnya juga sudah mulai berjalan, salah satunya kegiatan senam pada Sabtu, (6/1/2024). Senam tersebut mengkombinasikan dua jenis senam, yakni senam pelajar Pancasila dan senam 1000 dengan diinstrukturkan oleh perwakilan siswa kelas 5 dan 6.

Selanjutnya, upacara bendera Senin pagi juga dilaksanakan pada Senin, (8/1/2024) yang diikuti oleh siswa kelas 1, 4 hingga 6 dan seluruh majelis guru dan staff tata usaha. Suradi yang bertindak sebagai pembina upacara memberikan amanat dan berpesan khusus untuk siswa kelas 6 yang sebentar lagi akan memasuki terobosan untuk menyiapkan menghadapi ujian kelulusan nantinya.

"Tingkatkan lagi belajarnya, jika ada yang nggak paham segera konsultasi kepada guru yang bersangkutan, kurangi bermain", imbuh Suradi.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Eko Sulestyo Nugroho
Penulis:
Eko Sulestyo Nugroho

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik