Berita

Para Santri Laksanakan Praktik Mufrodat dan Muhadtsah Setiap Apel Pagi

Rabu, 13 Maret 2024 11:33 WIB
  • Share this on:

Para Santri Laksanakan Praktik Mufrodat dan Muhadtsah Setiap Apel Pagi

Kemenag Bintan (Humas) - Dalam mempercepat penguasaan Bahasa Arab di kalangan para santri, Pondok Pesantren Darussilmi Bintan melaksanakan program Mufrodat dan Muhadtsah rutin setiap pagi. 

Mufrodat berarti kosakata dalam bahasa Arab. Sedangkan Muhadatsah berarti percakapan bahasa Arab. Dalam kegiatan ini, para santri bisa menghafal dan menyebutkan kosa kata bahasa Arab sebanyak-banyak, serta bisa menguasai percakapan bahasa Arab.

Kegiatan Mufrodat dan Muhadtsah dilaksanakan setiap waktu apel pagi atau sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Para santri berkumpul di lapangan tempat pelaksanaan apel untuk saling bercakap-cakap dalam bahasa Arab.

Praktik Mufrodat dan Muhadtsah seperti ini sudah diterapkan oleh pengasuh dan pendidik Pondok Pesantren Darussilmi sejak lama, yaitu sejak pondok pesantren berdiri. Hasilnya, bisa meningkatkan penguasaan bahasa Arab di kalangan santri.

Pelaksanaan kegiatan Mufrodat dan Muhadtsah ini juga dibantu oleh santri-santri senior atau kakak kelas . Termasuk dibantu santri yang duduk di kepengurusan Organisasi Santri Pondok Pesantren Darussilmi (OSDASI).

Ustadz Imran Abu Shafwan, Pimpinan Pondok Pesantren Darussilm mengharapkan kegiatan ini dapat peningkatan dan mempercepat kemampuan bahasa Arab para santri Darussilmi.

‘’Agar bisa lebih baik lagi penguasaan bahasa Arab, terus diasah dan ditingkatkan setiap hari,’’ kata Ustadz Imran. 

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Darussilmi
Penulis:
Darussilmi

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik