Berita

Ngopi, Ustadz Rostam Effendi Jelaskan Keutamaan Sayyidul Istighfar

Senin, 22 Januari 2024 15:34 WIB
  • Share this on:

Ngopi, Ustadz Rostam Effendi Jelaskan Keutamaan Sayyidul Istighfar

Kemenag Bintan (Humas)—Pada giat Ngobrol Perkara Iman (Ngopi), Ustadz Rostam Effendi menjelaskan keutamaan sayyidul istighfar, Jumat, 12 Januari 2024. Rostam yang merupakan Kasi PD. Pontren Kantor Kemenag Bintan mengatakan bacaan doa Sayyidul Istighfar merupakan amalan yang dianjurkan dibaca pada pagi dan sore hari. Lantas, apa keutamaan Sayyidul Istighfar? 

Pertama, jaminan masuk surga. Keutamaan membaca sayyidul istighfar yakni jika meninggal dunia akan masuk surga seperti disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Kedua, ampunan dosa sebagaimana Nabi Muhammad Saw bersabda "Setiap penyakit ada obatnya, dan obatnya dosa-dosa adalah istighfar".

Ketiga, penarik rizki. Istighfar juga salah satu upaya untuk menarik rezeki. Sebab tidak menutup kemungkinan perbuatan dosa yang dilakukan manusia dapat menghalanginya mendapatkan rezeki.

Keempat, mendapatkan rahmat Allah. Seseorang akan mendapatkan rahmat Allah jika segera memohon ampunan dengan beristighfar.

Kelima, hujan keberuntungan. Orang yang banyak istighfar akan mendapatkan hujan keberuntungan. Rasulullah SAW pernah bersabda: Beruntunglah orang yang di dalam catatan amalnya terdapat istighfar yang banyak.” (HR. Ibnu Majah; shahih).

Keenam, mendapat kebahagiaan di Akhirat Bagi orang yang banyak beristighfar, akan mendapat kebahagiaan dan bergembira kelak di akhirat. “Barangsiapa yang ingin catatan amalnya menyenangkannya, maka perbanyaklah istighfar.” (HR. Baihaqi; hasan).

Ketujuh, mendapatkan keturunan. Dalam surat Nuh ayat 12 disebutkan keutamaan istighfar bukan hanya Allah membanyakkan harta tetapi juga membanyakkan anak-anak. Maka orang yang banyak beristighfar, Allah mudahkan mendapatkan keturunan meskipun sudah bertahun-tahun seorang istri tidak hamil.

Delapan, keberkahan bumi. Keutamaan membaca istighfar juga mendatangkan keberkahan bumi. Di antaranya dengan suburnya kebun-kebun dan mengalirnya air di sungai-sungai.

Sembilan, doanya dikabulkan. Keutamaan istighfar, Allah mengabulkan doa orang yang banyak beristighfar. 

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik