Berita

Ngopi, Kyai Rostam Effendi: Bekal Berhaji Terbaik adalah Taqwa

Jumat, 3 Mei 2024 15:15 WIB
  • Share this on:

Ngopi, Kyai Rostam Effendi: Bekal Berhaji Terbaik adalah Taqwa

Kemenag Bintan (Humas) – Seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan mengikuti kegiatan Ngobrol Perkara Iman (Ngopi) yang disejalankan dengan pelepasan ASN calon jemaah haji dilingkungan Kantor Kemenag Bintan.

Kegiatan dilaksanakan Jumat, 3 Mei 2024 di Aula Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk, Bintan. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Bintan, para pejabat pengawas, pengawas madrasah dan seluruh ASN.

Dalam tausiyahnya, Kasi PD. Pontren Kantor Kemenag Bintan, H. Rostam Effendi berpesan kepada dua orang ASN Kantor Kemenag Bintan yang akan melaksanakan ibadah haji yaitu Brigitta Bintan dan Makmur untuk memperbanyak bekal taqwa.

Brigitta merupakan ASN Pelaksana pada Seksi PD. Pontren Kantor Kemenag Bintan, dan Makmur merupakan Guru Aqidah Akhlak pada MTs Negeri Bintan.

Rostam mengatakan ibadah haji merupakan ibadah yang paling banyak bekalnya (biaya) dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya. Namun Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 197 menegaskan sebaik-baiknya bekal adalah taqwa. “Dan apabila kamu pergi haji berbekallah, sungguh nya sebaik-baik bekal adalah taqwa.”

Di bawah ini merupakan doa Rasulullah SAW untuk orang yang berangkat haji.

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Artinya: “Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.”

Doa tersebut dibaca Rasulullah SAW ketika salah seorang sahabatnya menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini.

“Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

Itulah doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk orang yang berangkat jemaah haji. Semoga umat Islam yang melaksanakan ibadah haji tahun ini diberi kelancaran dan menjadi haji mabrur/hajjah mabruroh.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik