Berita

Ngobrol Perkara Iman Hadirkan Ustadz Muqtafin Trenggono Kenalkan Aplikasi Think Quran

Jumat, 8 Desember 2023 11:10 WIB
  • Share this on:

Ngobrol Perkara Iman Hadirkan Ustadz Muqtafin Trenggono Kenalkan Aplikasi Think Quran

Kemenag Bintan (Humas)—Kegiatan Ngobrol Perkara Iman (Ngopi) yang diselenggarakan secara rutin di Kantor Kemenag Bintan menghadirkan Ustadz Muqtafin Trenggono yang mengenalkan aplikasi Think Quran. Kegiatan dilaksanakan di aula Kantor Kemenag Bintan, Jumat, 8 Desember 2023.

Kepada ASN Kemenag Bintan itu, Muqtafin menjelaskan buku paling banyak dibaca dan dihafal adalah Alquran tetapi tidak sedikit yang tidak memahami makna yang terkandung di dalamnya. Dia mengajak ASN Kemenag Bintan semakin memperbanyak interaksi dengan Alquran.

Quran Surat Annisa 82 menyebutkan “Patutkah mereka (bersikap demikian) tidak mau memikirkan (mentadabburkan) isi kandungan Alquran. Kalaulah Alquran datangnya bukan dari sisi Allah, niscaya mereka akan dapati perselisihan yang banyak di dalamnya”.

Sebagai muslim, kita berkewajiban untuk membaca, menghafal, memahami, mengamalkan dan mengajarkannya. Karena kita wajib memahami kitab suci tersebut sebagai petunjuk kehidupan.

“Ada 77.429 kata dalam Alquran, banyak perkataan yang berulang. Secara prinsip jika kita memahami makna seribu kata dalam Alquran maka kita akan memahami 83% makna kata yang terdapat dalam Alquran”, ujarnya.

Muqtafin mengenalkan cara memahami isi kandungan Alquran dengan bantuan aplikasi Think Quran. Aplikasi diharapkan dapat membantu dalam menambah kekhusukan kita dalam melaksanakan ibadah salat dan ibadah lainnya karena kita telah memahami makna ayat-ayat yang kita baca.

Dia mengatakan aplikasi Think Quran memiliki kelebihan, antara lain mudah dipelajari, fokus pada kalimat Alquran yang paling kerap berulang, sehingga kita cepat mahir dalam memantapkan ingatan melalui pengulangan dan latihan sebagaimana sudah tersusun dalam aplikasi online tersebut.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik