Berita

Ngobrol Perkara Iman, Fadhil Muslimin Uraikan Makna Ikhlas

Sabtu, 8 Juni 2024 08:42 WIB
  • Share this on:

Ngobrol Perkara Iman, Fadhil Muslimin Uraikan Makna Ikhlas

Kemenag Bintan (Humas) – Ikhlas menjadi kata kunci yang mudah diucapkan tetapi akan sangat sulit untuk diimplementasikan dalam setiap sisi kehidupan manusia. Bukan saja dalam beribadah, dalam bekerja pun kita dituntut untuk mengedepankan sikap ikhlas.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Teluk Bintan, H. Fadhil Muslimin menguraikan makna ikhlas ketika memberikan tausiyah pada giat Ngobrol Perkara Iman (Ngopi) edisi Jumat, 7 Juni 2024.

Dalam segi bahasa, kata Fadhil Muslimin, ikhlas memiliki makna jernih. Secara istilah, makna ikhlas adalah memberikan kejernihan dan motivasi hanya untuk hanya kepada Allah semata.

Apapun yang kita lakukan, katanya dua malaikat akan senantiasa mencatat seluruh perbuatan kita, baik malaikat Rakib maupun malaikat Atid.

Nanti di dalam kehidupan akhirat apa yang kita kerjakan Allah akan kembalikan kepada kita sebagaimana surat At Taubah 105, Artinya: "Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

“Sampai nanti Allah akan menempatkan kita pada almanazilatain baik di surga maupun neraka. Setiap manusia memiliki dua kecenderungan, baik untuk ingkar maupun taqwa. Oleh karena itu jernihkan niat kita hanya untuk mengabdi kepada Allah,” ujarnya.

Apalagi, kata Fadhil, sebagai ASN wajib memiliki spirit untuk bekerja hanya dalam rangka ibadah kepada Allah Swt.

Allah memberikan dua kecenderungan tadi ditambah godaan makhluk Allah lainnya berupa syaitan yang akan menggoda kita untuk disesatkan. Karena itu niatkan pekerjaan kita untuk selalu meminta petunjuk kepada Allah,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik