Berita

Narasumber Workshop Kehumasan, Furqon Kusuma Jelaskan Posisi Strategis Humas Madrasah

Rabu, 14 Agustus 2024 19:07 WIB
  • Share this on:

Narasumber Workshop Kehumasan, Furqon Kusuma Jelaskan Posisi Strategis Humas Madrasah

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan workshop kehumasan yang dipusatkan di De Bintan Villa, Teluk Bintan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto, Selasa, 13 Agustus 2024 malam.

Furqon Kusuma Yuda, salah satu narasumber yang berasal dari Biro HDI Kemenag RI menjelaskan posisi strategis humas madrasah. Dia mengatakan humas madrasah berperan mendorong aktivitas siswa dan guru madrasah untuk semakin aktif berinterkasi pada akun media sosial.

Humas madrasah juga berpeluang pada engagement dengan masyarakat. Humas madrasah juga bertanggung jawab pada updating pada kurikulum yang digunakan di madrasah. Dalam perspektif humas mampu menghadirkan kolaborasi dengan stakeholders pendidikan terutama bersama komite madrasah.

Furqon juga mengatakan website Kemenag RI sudah menjadi arus utama sumber berita bagi media mainstream. Bahkan aplikasi super apps Pusaka akan terus ditingkatkan kualitasnya.

“Ikuti media sosial Kemenag RI, agar tetap update,” ujarnya.

Bagi humas madrasah diharapkan mengenali seluk beluk media sosial yang digunakan. Instagram, dikenal memiliki banyak feature yang lengkap dengan kecenderungan viralitas yang tinggi. Facebook memiliki jangkauan yang luas tetapi dengan audiens yang cukup tua.

Twitter X, platform cepat dalam diskusi publik tetapi memiliki batasan karakter. Youtube merupakan platform yang mengakomodir video panjang tetapi butuh waktu lama untuk mengunggahnya. Tiktok, media sosial yang sangat cepat, tetapi cepat turun karena memiliki algoritma yang cepat berubah.

“Sumber utama informasi wajib ada di website dan sosial media hanya sebagai trigger saja,” ujarnya pula.

Hatiman.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik