Berita

Narasumber BPOM Jelaskan Dampak Masalah Keamanan Pangan Dalam Bimtek Keamanan Pangan

Kamis, 29 Agustus 2024 14:05 WIB
  • Share this on:

Narasumber BPOM Jelaskan Dampak Masalah Keamanan Pangan Dalam Bimtek Keamanan Pangan

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Bintan, H. Rostam Effendi mengikuti kegiatan bimbingan teknis keamanan pangan bagi kader keamanan pangan sekolah yang diselenggarakan oleh BPOM. Kegiatan digelar di Pondok Pesantren  Al Ihsan Bintan di Toapaya, Selasa, 28 Agustus 2024.

Ana Fitri, salah satu narasumber BPOM menjelaskan Dampak masalah keamanan pangan yang mungkin muncul. Dampaknya antara lain menganggu kesehatan sehingga dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, dan merusak citra pangan Indonesia dan menurunkan daya saing di pasar global.

Ada lima kunci keamanan pangan yang wajib diperhatikan, mulai dari menjaga kebersihan, memisahkan pangan mentah dari pangan matang, memasak dengan cara yang benar, menjaga pangan pada suhu aman dan menggunakan air dan bahan baku yang aman.

Dalam menjaga kebersihan kunci utama adalah selalu mencuci tangan dengan seksama menggunakan sabun dengan air bersih sebelum memasak, menyiapkan pangan atau ketika menyentuh makanan.

Pisahkan daging sapi, ungags dan pangan dari laut mentah dengan pangan matang atau siap saji lainnya. Gunakan peralatan yang terpisah seperti pisau dan talenan untuk mengolah pangan mentah dengan pangan matang dan menyimpannya di wadah yang berbeda untuk menghindari kontak antara pangan matang dengan mentah.

Masaklah dengan benar terutama daging sapi, ungags, telur dan pangan hasil laut. Rebuslah pangan seperti sup sampai mendidih dan usahakan agar suhu internalnya mencapai 70 derajat celcius untuk daging.

Jagalah pangan pada suhu aman, jangan biarkan pangan pada suhu lebih dari 2-4 jam. Gunakan bahan air dan bahan baku yang aman. Pilihlah bahan baku yang berkualitas. Pastikan kemasan, label, izin edar dan masa kadaluarsanya masih aman. Cucilah buah-buahan dengan air bersih jika akan dimakan mentah.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik