Berita

MTs Negeri Bintan Laksanakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM)

Selasa, 20 Pebruari 2024 15:05 WIB
  • Share this on:

MTs Negeri Bintan Laksanakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM)

Kemenag Bintan (Humas) – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Bintan sukses gelar Asesmen Bakat dan Minat (ABM) yang diikuti oleh siswa kelas 9. Kegiatan tersebt dilakukan selama 9 (sembilan) hari secara bergantian dengan menyesuaikan jumlah infrastruktur yang dimiliki berupa komputer.

Kepala MTs Negeri Bintan, Meiyana Ayu mengatakan kegiatan ABM dilaksanakan untuk  mengukur kemampuan atau potensi umum seorang siswa pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. Dengan begitu, ABM diharapkan dapat membuat arah pengembangan lebih jelas dan terencana.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah asesmen perdana bagi siswa tingkat SMP/MTs. Aspek-aspek yang diukur dalam asesmen bakat terdiri atas verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa, dan klerikal, serta dilengkapi dengan asesmen minat.

“Dengan ABM ini diharapkan siswa MTs Negeri Bintan mengetahui minat dan bakatnya yang terus dapat dikembangkan sehingga nantinya anak didiknya menjadi insan yang beriman dan bertaqwa serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hendra
Penulis:
Hendra

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik