Berita

Mr Sharifuddin Mohamed Ali Jelaskan Peran MUIS Dalam Sertifikasi Halal di Singapore

Sabtu, 16 Maret 2024 14:37 WIB
  • Share this on:

Mr Sharifuddin Mohamed Ali Jelaskan Peran MUIS Dalam Sertifikasi Halal di Singapore

Kemenag Bintan (Humas) - Mr Sharifuddin Mohamed Ali, Head, Halal Supply Network (HSN) MUIS Singapore menjadi pembicara kedua pada kegiatan seminar internasional Produk Halal Go Global Navigating and Challenge di Gedung Daerah, Jumat, 15 Maret 2024 siang.

Dia menjelaskan apa yang melandasi perekonomian negaranya. Singapore dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi multikultarisme, secularisme, dan meritocracy. Dalam ekonomi berprinsip ekonomi pasar bebas, probusiness dan Singapore juga mencapai indeks anti korupsi berada di rangking 5 dunia.

MUIS memiliki tugas utama sebagai penasehat President Singapore untuk membantu komunitas Islam di Singapore dalam mendapatkan hak-hak warga negara. Sejarah evolusi sertifikasi halal di Singapore bermula pada 1968 dimana MUIS mengeluarkan sertifikasi halal atas beberapa produk untuk pertama kalinya pada saat itu.

Terus berkembang, sejak tahun 2001 MUIS sudah menggunakan standar ISO 9001. Beberapa faktor pendukung majunya sektor halal di Singapore karena adanya dukungan yang diberikan, seperti rakyat Singapore memberikan dukungan penuh, dukungan juga diberikan masyarakat luar.

Parlemen Singapore juga memberikan dukungan yang memadai.  Sistem halal sudah dibangun dengan matang melalui lahirnya berbagai regulasi yang ada. MUIS juga menjalin hubungan yang kuat dengan seluruh sektor.

Singapore berada pada rangking 8 dalam hal negara penghasil produk halal. Dia mengatakan sertifikasi halal MUIS menghubungkan masyarakat muslim dan nonmuslim di Singapore.

“Kami melakukannya secara sukarela tidak mandatory. Dan MUIS menjadi satu-satunya lembaga yang diperkenankan menerbitkan sertifikasi halal meskipun sampai saat ini masih berkonsentrasi pada produk makanan dan minuman,” imbuhnya.

“MUIS tidak memberikan sertifikasi kepada produk negara luar. Trendnya terus meningkat tetapi ada penurunan sejak pandemi melanda. MoU sudah dilakukan dengan berbagai pihak dalam mendukung global halal diantaranya bersama Arab Saudi, UEA dan Jordania. MUIS menerbitkan listing of mutual dalam penerbitan sertifikat halal karena sesuai regulasi halal di Singapore yang didesign untuk tidak menghambat pertumbuhan perdagangan dan ekonomi,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik