Berita

MGMP PAI SMP Kemenag Bintan Gelar Aksi Menyongsong Tahun Pelajaran 2024/2025

Rabu, 31 Juli 2024 14:44 WIB
  • Share this on:

MGMP PAI SMP Kemenag Bintan Gelar Aksi Menyongsong Tahun Pelajaran 2024/2025

Kemenag Bintan (Humas) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menggelar pertemuan perdana, belum lama ini. Pertemuan yang digelar dengan suasana santai itu digelar di Taman Wisata Pemancingan Poyotomo.

Dalam pertemuan tersebut, Pengawas PAI Kemenag Bintan, Dartoyo mengimbau kepada para guru PAI untuk selalu menjaga keikhlasan dalam mengajar. Dartoyo mengatakan tugas guru PAI adalah membawa siswa menuju syurga.

Dartoyo juga menekankan pentingnya guru untuk meningkatkan kompetensinya melalui berbagai bimbingan dan pelatihan bagi guru.

“Untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru juga dapat dilakukan dengan studi tiru di MGMP PAI di luar daerah Bintan, seperti Batam dan lain sebagainya,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan bagi para guru PAI yang sudah berhasil sertifikasi tetapi mengalami kendala kekurangan jam mengajar, dapat menambah jam mengajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah sebanyak 6 jam pelajaran dengan didasari oleh SK Tugas dari Kepala Sekolah.

Sementara itu, Kasi PAIS Kantor Kemenag Bintan, Erwin meminta kepada para guru PAI untuk selalu mengupdate data pada aplikasi Siaga dan Emis. Menyiapkan berkas rekening BTN untuk pencairan sertifikasi yang akan datang dan mengusulkan untuk mengaktifkan kembali operator siaga kecamatan sebagai pendukung operator Kemenag Kabupaten.

Dalam kesempatan yang sama, Fera Erizona selaku admin Siaga dan Emis pada Kemenag Bintan mengingatkan setiap guru PAI untuk mengupdate SK Pangkat dan Golongan terbaru, SK KGB terbaru, nominal gaji pokok terbaru, surat dispensasi bagi yang tidak terpenuhi jam pelajaran/ rombelnya.

Sebelum mengupload, Fera meminta kepada para guru untuk memperhatikan ukuran file agar memudahkan dalam mengupload. Setelah diupload klik ajukan atau lanjutkan permanen.

Di akhir pertemuan, Ketua MGMP PAI, Ida Erniza menyampaikan harapan agar anggota MGMP aktif dan solid. Untuk jurnal ilmiah Al Bahru (MGMP PAI Provinsi) dan Ghiroh (MGMP PAI Kabupaten), masuk kategori pengelolaan terbaik. Para guru diminta aktif menulis dan mengirim karyanya ke jurnal tersebut.

Hadir pada kesempatan tersebut Pengawas PAI SD Zariah, Pengawas RA, MI Ida Nuryati, Pengawas MTs Hj. Ermaini dan tenaga di Seksi PAIS, Khalijah.

Dartoyo.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik